Dihadiri Ribuan Masyarakat, MTQ XLII Provinsi Riau Dimeriahkan Ustaz Derry Sulaiman

Dihadiri Ribuan Masyarakat, MTQ XLII Provinsi Riau Dimeriahkan Ustaz Derry Sulaiman

DUMAI - Ribuan masyarakat hadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XLII Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai, Ahad (21/4/2024) malam. 

MTQ Provinsi Riau tahun 2024 dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto. Pembukaan MTQ XLII Provinsi Riau ditandai dengan pemukulan kompang dan serine. 

Pembukaan MTQ XLII Provinsi Riau kali ini dimeriahkan Artis Ustaz Derry Sulaiman. Dalam kesempatan itu Ustaz Derry yang juga musisi membawakan lagu populernya yang berjudul: Dunia Sementara Akhirat Selamanya (DSAS). 

Selain Ustaz Derry Sulaiman, MTQ Provinsi Riau juga dimeriahkan Sunu mantan vokalis Mata Band. 

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda Riau, serta Gubernur Riau pada masanya, serta bupati/walikota dan Forkopimda Kabupaten Kota se-Riau. 

Pantauan di lokasi, masyarakat tumpah ruah menyaksikan pembukaan MTQ ke-XLII Provinsi Riau tersebut. Tak hanya itu, masyarakat juga memenuhi stand bazar pemerintah kabupaten kota se-Riau dan UMKM. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Muliardi mengatakan, jika MTQ ke-XLII Provinsi Riau tahun ini diikuti oleh 12 kabupaten kota se-Riau.

"Adapun jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 809 orang. Jumlah ini lebih banyak dari MTQ Provinsi Riau tahun 2023 lalu di Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 746 orang. Hal ini karena ada tambahan cabang perlombaan yakni golongan digital kaligrafi," katanya. 

Lebih lanjut Muliardi merincikan 809 peserta MTQ Provinsi Riau terdiri dari Kabupaten Bengkalis 68 orang, Indragiri Hilir 69 orang, Indragiri Hulu 68 orang.

Lalu Kampar 66 orang, Kepulauan Meranti 63 orang, Kuantan Singingi 68 orang, Pelalawan 67 orang. Kabupaten Rokan Hilir 69 orang, Rokan Hulu 68 orang, Siak 69 orang, tuan rumah Kota Dumai 65 orang, dan Kota Pekanbaru 69 orang. 

Sedangkan MTQ Provinsi Riau di Dumai sendiri terdapat 10 cabang musabaqah yang akan dipertandingkan. Dimana cabang yang diperlombakan diantaranya, cabang seni baca Alquran, cabang, Qira’at Alquran, cabang hafalan Alquran.

Selanjutnya ada cabang Tafsir Alquran, cabang Fahm Alquran, cabang Syarh Alquran, cabang Seni Kaligrafi Alquran, cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ), dan cabang Hadits. 

"Semoga MTQ Provinsi Riau tahun ini dapat menghasilkan juara-juara terbaik dari seluruh peserta, sehingga peserta dapat mengharumkan nama Provinsi Riau di MTQ  Nasional di Kalimantan Timur," tutupnya. 

Berita Lainnya

Index