Tinggal Landscape, Sentra UMKM Pekanbaru Launching Pertengahan Mei 2024

Tinggal Landscape, Sentra UMKM Pekanbaru Launching Pertengahan Mei 2024

PEKANBARU - Pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad, ditargetkan launching pada pertengahan Mei 2024 mendatang. Saat ini pengerjaan di sentra UMKM tinggal landscape saja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan sentra UMKM tersebut tinggal finishing saja.

"Dalam waktu dekat selesai dan estimasinya pertengahan Mei kita launching," ujar Edu, sapaan akrabnya, Senin (22/4/2024).

Dikatakannya, saat ini bangunan sentra UMKM di eks Kantor Wakil Walikota tersebut hanya tinggal pembenahan landscape saja.

"Untuk pembangunan, secara fisik sudah selesai, tinggal landscape luarnya kita belum selesai. Kalau (bagian) dalamnya sudah 90 persen, tinggal pembersihan saja lagi," sebutnya.

Menurutnya, setelah pembangunan tuntas, bangunan sentra UMKM akan langsung diserahkan ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat.

"Jadi nanti untuk pengisiannya (pelaku UMKM) dari dekranasda," ucapnya.

Diketahui, pembangunan sentra UMKM tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk memajukan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Pekanbaru.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, melalui gedung sentra UMKM tersebut, produk yang dihasilkan pelaku UMKM bisa dipasarkan di sentra UMKM, sehingga bagi warga yang berkunjung ke Kota Bertuah bisa berbelanja khas Kota Pekanbaru di sana.

Kemudian, di sentra UMKM tersebut pelaku usaha mikro yang kini hanya berjualan online, nantinya bisa menitipkan produk di sana.

Agar produk UMKM bisa dipromosikan, Pj Walikota Pekanbaru juga meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata agar setiap mobil maupun bus wisata untuk singgah belanja di sentra UMKM tersebut.

"Kemudian untuk hotel, tamunya juga kita imbau untuk belanja di pusat UMKM tersebut. Minimal ini usaha pemerintah untuk membantu mendorong UMKM di Pekanbaru," imbau Muflihun.

Berita Lainnya

Index