Perpustakaan Tenas Efendy Pekanbaru Kini Buka Setiap Hari

Perpustakaan Tenas Efendy Pekanbaru Kini Buka Setiap Hari

PEKANBARU - Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru kini telah membuka layanan setiap hari, mulai dari Senin sampai Minggu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Erna Juita mengatakan, perpustakaan dan galeri arsip di Tenas Effendy buka setiap hari dengan penyesuaian jam operasional.

"Untuk memaksimalkan layanan kita kepada masyarakat, Perpustakaan Tenas Efendy sekarang telah kita buka setiap hari," ujarnya, Rabu (24/04/2024).

Adapun jadwal operasional Perpustakaan Tenas Efendy diantaranya, Senin-Rabu (mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB), Kamis-Jumat (mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB) dan Sabtu-Minggu (mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB).

Lebih lanjut, Perpustakaan Tenas Efendy Pekanbaru juga sudah menyediakan aplikasi Online Public Access Catalog (Opac) bagi warga yang ingin mengakses buku-buku apa saja yang tersedia di perpustakaan secara online.

Dengan aplikasi ini, pencarian informasi di perpustakaan menjadi lebih efisien karena warga tidak perlu lagi mencari buku secara manual dan satu persatu, saat datang ke perpustakaan.

Pustakawan Madya Reni Prasetyawati, mengatakan, aplikasi OPAC terus disosialisasikan kepada masyarakat, terutama kepada para pelajar. Tujuannya adalah untuk menginformasikan kepada siswa mengenai sebuah teknologi yang dapat mempermudah siswa mengakses perpustakaan.

"Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi kami selaku pengelola perpustakaan, tetapi juga bagi mereka yang menggunakannya,” ujarnya.

Lebih jelasnya, ia mengatakan melalui penggunaan OPAC, dapat membantu mereka ketika mengunjungi perpustakaan yang lebih besar. Dengan Opac, siswa tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari buku secara manual di rak-rak perpustakaan.

"Tinggal masukan judul buku atau pengarangnya, kita bisa dengan cepat menemukan letak bukunya ada dimana. Ataupun ketersediaan buku tersebut, apakah masih ada atau sedang dipinjam," jelasnya.

Literasi informasi ini merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam program LiteraTour Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan literasi dan pengembangan diri mereka dengan cara yang menyenangkan.

"Sehingga para siswa akan semakin terdorong untuk menggunakan fasilitas perpustakaan dan meningkatkan minat baca serta keterampilan literasi mereka," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index