Program Prioritas Pj Walikota, Dinsos Pekanbaru Salurkan Santunan Kematian kepada 303 Ahli Waris

Program Prioritas Pj Walikota, Dinsos Pekanbaru Salurkan Santunan Kematian kepada 303 Ahli Waris
ilustrasi

PEKANBARU - Sejak awal tahun 2024 hingga April ini, 303 ahli waris dari keluarga tidak mampu merasakan manfaat dari program prioritas Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru Idrus mengatakan, santunan kematian ini sebesar Rp1 juta bagi ahli waris. Mereka yang mendapatkan santunan kematian tersebar di 15 kecamatan.

Kecamatan terbanyak yang mendapatkan santunan kematian dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yakni, Kecamatan Tenayan Raya dan Kulim.

"Kita sudah menyalurkan santunan kematian kepada 303 ahli waris. Kita menyalurkan santunan kematian itu kepada keluarga tidak mampu," ujar Idrus, Jumat (26/04/2024).

Menurutnya, tahun ini santunan kematian lebih banyak disalurkan dibanding dengan tahun 2023. Idrus mengimbau kepada RT, RW, lurah maupun camat, agar dapat melaporkan kepada Dinsos jika ada warga dari keluarga tidak mampu meninggal dunia.

Sehingga, mereka dapat dibantu dengan program Pemko Pekanbaru. Setelah menerima laporan, lanjut Idrus, pihaknya akan menurunkan petugas untuk melakukan verifikasi.

Program santunan kematian ini salah satu program prioritas Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Melalui program ini, masyarakat yang kurang mampu dapat terbantu dengan santunan kematian ini.

"Setidaknya, Pemko Pekanbaru membantu mereka yang kurang mampu untuk biaya penyelenggaraan jenazah sampai dengan dimakamkan," ujar Muflihun.

Ia menyebut, mereka yang kurang mampu belum tentu ada uang untuk biaya penyelenggaraan jenazah. Karena itu, melalui program ini, Pemko Pekanbaru hadir untuk meringankan beban mereka.

Berita Lainnya

Index