Harga Tiga Komoditi Ini di Pekanbaru Masih Mahal

Harga Tiga Komoditi Ini di Pekanbaru Masih Mahal

PEKANBARU - Harga bahan pokok di Kota Pekanbaru masih berfluktuasi. Saat ini ada tiga komoditi yang masih mengalami kenaikan harga.

Tiga komoditas bahan pokok yang alami kenaikan harga diantaranya bawang merah, daging ayam ras dan telur. Tiga komoditi itu mengalami fluktuasi atau kenaikan dan penurunan harga secara tidak menentu.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, fluktuasi harga tiga komoditas itu terjadi secara nasional pasca Idul Fitri 1445 H/2024 M. Menurutnya, kenaikan harga di sejumlah komoditi itu hampir sama.

"Beberapa minggu ini, itu ada beberapa komoditi yang mengalami fluktuasi seperti bawang merah, daging ayam ras, kemudian telur. Di Pekanbaru kita melihat trennya hampir sama, tiga komoditi itu mengalami kenaikan harga," ujar Ingot, Senin (29/4/2024).

Dikatakannya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan harga di pasaran.

"Kalau trennya terus naik, tentu kita harus menyiapkan antisipasi," katanya.

Ia menyebut, untuk mengantisipasi kenaikan-kenaikan harga tersebut, Pemko Pekanbaru memaksimalkan kerjasama dengan daerah penghasil.

"Seperti kerjasama dengan Alahan Panjang (Solok, Sumatera Barat) kita maksimal melalui BUMD (Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)," sebutnya.

Kemudian Pemko Pekanbaru juga akan kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) atau pasar murah. "Jadi, nanti kita bisa laksanakan kembali operasi pasar seperti yang kemarin kita laksanakan," ucapnya.

Sementara itu terkait inflasi Pekanbaru sendiri, disampaikan Ingot jika saat ini masih terkendali di bawah angka 3 plus minus 1 persen.

"Kita masih di angka 2,5 sampai 2,6 persen, artinya masih stabil," tutupnya.

Berita Lainnya

Index