Bawaslu Pekanbaru Sosialisasi Saka Adhyasta Pemilu, Ini Tujuannya

Bawaslu Pekanbaru Sosialisasi Saka Adhyasta Pemilu, Ini Tujuannya

PEKANBARU - Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, khususnya kalangan pemuda, dalam pengawasan Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru mengadakan sosialisasi khusus kepada anggota Gerakan Pramuka. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru, dalam rangkaian acara Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, Kamis (9/5/2024).

Materi sosialisasi disampaikan oleh Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Taufik Hidayat, yang mengenalkan konsep baru Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu. Saka ini merupakan wadah bagi Pramuka untuk terlibat dalam kegiatan nyata terkait pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan Pemilu.

Taufik Hidayat menerangkan bahwa Saka Adhyasta Pemilu bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap demokrasi dan menumbuhkan sikap hidup yang demokratis di kalangan Pramuka. Melalui Saka ini, mereka diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pemilu, mencegah pelanggaran, serta menegakkan prinsip-prinsip pemilu yang berintegritas.

Seperti halnya Saka lainnya, Saka Adhyasta Pemilu memiliki tiga krida utama, yaitu Krida Pengawasan, Krida Pencegahan, dan Krida Penanganan Pelanggaran. Ketiga krida ini menjadi landasan kegiatan bagi anggota Saka dalam menjalankan peran pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan Pemilu.

Bawaslu Kota Pekanbaru mengajak anggota Gerakan Pramuka, khususnya Penegak dan Pandega, untuk bergabung dengan Saka Adhyasta Pemilu yang bermarkas di Kantor Bawaslu Kota Pekanbaru, Jalan Puyuh Nomor 2, Kecamatan Sukajadi.

Keterlibatan pemuda dalam pengawasan Pemilu diyakini dapat memberikan kontribusi positif bagi penyelenggaraan Pemilu yang demokratis dan berintegritas.

Berita Lainnya

Index