Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Tahun Ini Diprediksi 10.000 Ekor, Distankan Lakukan Pemantauan Ketat

Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Tahun Ini Diprediksi 10.000 Ekor, Distankan Lakukan Pemantauan Ketat
Ilustrasi/int

PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru memprediksi kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1445 H/2024 M tidak akan mengalami peningkatan signifikan. Jumlahnya diprediksi sama dengan tahun lalu, yakni sekitar 10.000 ekor sapi dan kambing.

Menjelang Hari Raya Kurban, Distankan Kota Pekanbaru telah memulai langkah antisipasi dengan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap hewan kurban yang masuk ke wilayah Pekanbaru. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan konsumsi hewan kurban.

"Untuk kebutuhan hewan kurban tahun ini, kami perkirakan masih sama dengan tahun lalu," ungkap Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus, Senin (13/5/2024).

Firdaus menjelaskan, tim Distankan telah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan di peternakan dan tempat penampungan hewan kurban di Pekanbaru.

Tim Distankan juga akan melakukan pemeriksaan administrasi dan kesehatan hewan kurban yang berasal dari luar daerah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru bebas dari penyakit dan layak untuk dikonsumsi.

"Kami sudah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban," terang Firdaus.

Hewan kurban untuk Idul Adha di Pekanbaru umumnya didatangkan dari berbagai daerah, seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, Sumatera Utara, dan beberapa kabupaten di Riau.

Berita Lainnya

Index