Rangkaian Ibadah Selesai, 24 Juni Jemaah Haji Tiba di Pekanbaru

Rangkaian Ibadah Selesai, 24 Juni Jemaah Haji Tiba di Pekanbaru

PEKANBARU - Jemaah haji asal Kota Pekanbaru mulai kembali ke tanah air pada 23 Juni mendatang. Hal itu seiring dengan telah selesainya rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Syahrul Mauludi mengatakan, jemaah haji Kota Pekanbaru, secara umum jemaah Provinsi Riau akan sampai di Indonesia pada 23 Juni. Pada tanggal tersebut, para jemaah haji baru sampai di Batam.

"Jadi tanggal 23 Juni malam itu jamaah haji Kota Pekanbaru sampai di Batam. Kemudian besoknya, tanggal 24 baru sampai Kota Pekanbaru," ujar Syahrul, Rabu (19/6/2024).

Dikatakannya, kepulangan jemaah haji asal Kota Pekanbaru tidak serentak. Jemaah pulang dari Tanah Suci secara bertahap. Riau Untuk tahap pertama, kata Mauludi, yakni kloter 3 BTH atau kloter 1 Riau.

"Kepulangan jemaah haji bertahap, yang pulang tanggal 23 itu baru kloter 3 BTH atau kloter 1 Riau," ucapnya.

Diketahui, secara umum jemaah haji Kota Pekanbaru tergabung dalam jemaah haji Provinsi Riau. Ada 5.252 jemaah haji Provinsi Riau yang akan kembali secara bertahap ke Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H Muliardi mengatakan, ribuan jemaah haji tersebut akan pulang secara bertahap.

"Jemaah haji Provinsi Riau yang tergabung dalam 12 Kloter, secara berangsur akan kembali ke tanah air, dimulai dari Kloter 3 BTH hingga Kloter 14 BTH, dan terakhir pada Kloter 18 BTH. Kepulangan nya ke daerah nanti akan menggunakan jalur laut dan udara," ujar Muliardi.

Ia menyebut, jemaah haji yang pulang dari Tanah Suci akan tiba di Batam dan diinapkan satu malam di sana. Setelah itu, mereka baru akan dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Sebagaimana data dari PPIH Daerah, jemaah haji akan diinapkan sehari di asrama sebelum dikembalikan ke daerahnya. Hanya jemaah dari Indragiri Hilir dan bengkalis yang langsung kembali ke daerah masing-masing," jelasnya.

Berita Lainnya

Index