Pantau PSU Pileg di Meranti, Kapolda Riau Pastikan Aman dan Lancar

Pantau PSU Pileg di Meranti, Kapolda Riau Pastikan Aman dan Lancar

MERANTI - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, turun ke Kabupaten Kepulauan Meranti untuk memantau pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Legislatif (Pileg) di TPS 002, Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi, Sabtu (29/6/2024).

Irjen Iqbal menempuh perjalanan menggunakan helikopter dari Pekanbaru dan dilanjutkan dengan sepeda motor untuk mencapai lokasi TPS. Ia didampingi Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal dan Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Nasriadi.

Irjen Iqbal menegaskan pelaksanaan PSU berjalan aman dan tertib. Persiapan pengamanan telah dilakukan sejak jauh hari.

"Jauh-jauh hari, saya sudah perintahkan untuk melakukan deteksi dini terhadap segala potensi gangguan keamanan, memetakan wilayah rawan dan tetap meningkatkan kewaspadaan. Alhamdulillah, semuanya lancar tanpa ada kendala," kata Irjen Iqbal.

Irjen Iqban menegaskan, pengamanan dilakukan tidak hanya pada hari pelaksanaan tetapi juga selama proses pendistribusian logistik ke TPS. Selain di Meranti, PSU juga digelar pada 1 TPS di Kabupaten Indragiri Hulu dan 2 TPS di Kota Dumai.

"Saya juga sudah meminta agar personel dapat bersinergi dan saling mendukung dengan stake holder terkait. Dari KPU, Bawaslu, TNI, pemerintah daerah kabupaten/kota, hingga petugas di tingkat TPS," tutur Irjen Iqbal.

Mantan Kadiv Humas Polri ini menekankan pentingnya netralitas anggota Polri dan meminta personelnya untuk aktif melakukan pemantauan serta patroli secara intensif.

Ia menyatakan kesiapan Polda Riau dalam mengamankan PSU di Kabupaten Rokan Hulu yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024 mendatang, mencakup 31 TPS.

"Polisi akan mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian PSU hingga selesai," pungkas Irjen Iqbal.

Berita Lainnya

Index