43 Paslon Gubernur, Walikota dan Bupati di Riau Deklarasi Damai Pilkada 2024

43 Paslon Gubernur, Walikota dan Bupati di Riau Deklarasi Damai Pilkada 2024

PEKANBARU - Sebanyak 43 pasangan calon (Paslon) gubernur, bupati dan walikota di Provinsi Riau melakukan Deklarasi Pilkada Damai Pilkada Provinsi Riau 2024. Kegiatan ini mengangkat tema 'Siap Mendukung Pasangan Calon Terpilih".

Deklarasi yang difasilitasi Kepolisian Daerah (Polda) Riau digelar di SKA Co-Ex, Selasa (24/9/2024). Hadir Pj Gubernur Riau Rahman Hadi, Ketua KPU Riau Rusidan Rusdi, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, unsur Forkopimda Riau, simpatisan dan lainnya.

Dari 43 pasangan calon kepala daerah itu, terdiri dari 3 Paslon Gubernur-Wakil Gubernur, 32 calon Bupati-Wakil Bupati, dan 8 pasangan Walikota-Wakil Walikota.

Para pasangan calon kepala daerah itu membubuhkan tanda tangan di papan yang telah disediakan sebagai bukti mendukung program Pilkada damai.

"Semua hadir, 86 orang. Tidak ada satu pun yang tidak hadir. Mudah-mudahan ini pertanda baik," ujar Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal.

Iqbal mengatakan, deklarasi untuk menjamin komitmen seluruh peserta calon kepala daerah dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak 2024 yang damai dan kondusif.

Dia berharap, deklarasi bukan hanya di bibir tapi dibuktikan. "Saya mohon deklarasi ini bukan lips service semata tapi pernyataan. Tolong pernyataan ini dipegang teguh, kami akan mengawal terus Pilkada ini hingga usai," kata Iqbal.

Jenderal bintang dua ini menekankan, pihaknya akan optimal melakukan pengamanan Pilkada 2024. Polda Riau telah menyiagakan total 6.756 personel gabungan.

"Saya tekankan strategi kepolisian mengedepankan pro aktif dan melakukan preemtif strike atau serangan pencegahan agar Pilkada berjalan damai dan kondusif," tegas mantan Kadiv Humas Polri ini.

Di tempat sama, Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan menjelaskan pada 25 September hingga 23 November mendatang, seluruh pasangan calon kepala daerah akan menjalani tahapan kampanye untuk berebut suara pemilih.

Rusidi menyebut, DPT Riau pada Pilkada serentak sebanyak 4.827.022 jiwa. Terdiri dari 2.445.001 pemilih laki-laki dan 2.382.021 pemilih perempuan.

"Pemilih ini tersebar di 11.489 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Kami juga akan merekrut sebanyak 80.360 anggota KPPS," kata Rusidi.

Selain itu, KPU akan mengagendakan dua kali debat kandidat calon gubernur-wakil gubernur pada Pilkada serentak ini. Debat akan digelar pada 27 Oktober dan 17 November mendatang.

Berita Lainnya

Index