Tujuh ABK Suspect Virus Corona di Inhil

Kamis, 05 Maret 2020 - 08:28:47 WIB Cetak

celotehriau.com/yudiwaldi

 

CELOTEH RIAU.COM (TEMBILAHAN)- -Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tembilahan, mendeteksi tujuh awak kapal (ABK) suspect virus Covid19 atau Corona, Rabu (4/3/2020) siang. 

Untuk memastikan nya, ke tujuh ABK itu dirawat intensif di ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Puri Husada Tembilahan.

Mereka pertama kali terdeteksi oleh alat Termo Scanner di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tembilahan, Rabu siang.

Dr Saut Pakpahan, Direktur Utama (Dirut) RSUD Puri Husada, mengatakan, pihaknya masih melakukan penanganan medis terhadap tujuh pasien tersebut. 

''Belum bisa dipastikan betul apakah ke tujuh orang luar itu positif corona. Hanya saja masyarakat harus lebih berhati-hati dan waspada,'' kata Saut.

Saut menjelaskan, pihaknya tengah memantau secara serius satu dari tujuh ABK tersebut.

''Tujuh ABK itu masih dirawat intensif. Enam orang sedang di isolasi. Dan satu pasien di observasi,'' jelas Saut.

Mengenai pemeriksaan tujuh ABK ini, Zainal Arifin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik.

''Masyarakat diharapkan tidak panik dan beraktivitas seperti biasa,'' himbaunya. 

Ia menyarankan, jika ada masyarakat yang merasakan gejala Suspect Virus Corona agar dapat segera ke puskesmas terdekat atau langsung hubungi pihak kesehatan.

''Agar mencegah diri terkena suspect virus Corona, masyarakat diharapkan menggunakan masker dalam melakukan aktivitas. Saat ini persediaan masker di setiap puskesmas aman. Kalau merasa flu dan batuk segera minta diperiksa oleh pihak medis,'' tutup Zainal.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+