Kadishub Pekanbaru Benarkan Jumlah Penumpang Bus TMP Alami Penurunan

Kadishub Pekanbaru Benarkan Jumlah Penumpang Bus TMP Alami Penurunan
Yuliarso

PEKANBARU - Himbauan Walikota Pekanbaru agar masyarakat tetap berada di rumah untuk memutus mata rantai wabah virus Corona atau Covid-19 mulai berjalan. Hal ini terlihat dari adanya penurunan jumlah penumpang Bus Transmetro Pekanbaru (TMP).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan terjadi penurunan yang sangat signifikan terhadap penumpang Bus TMP sejak beberapa hari belakangan ini.

“Dalam minggu ini terkaji penurunan 8 sampai 10 persen. Biasanya 10 ribu penumpang dalam sehari, terakhir ini tinggal 4000 penumpang saja dalam sehari,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan mantan camat Rumbai Pesisir ini bahwa seiring dengan terus berkembangnya wabah Covid-19 tersebut kemungkinan kondisi ini bisa turun lagi.

“Meski begitu, sesuai arahan pimpinan, pelayanan tetap dilakukan, dengan ini kita juga sudah lakukan pengurangan armada. Untuk saat ini tinggal 30 sampai 35 unit armada saja yang akan melayani masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, untuk jam operasional, yang biasannya jam 6 pagi sampai jam 9 malam, kini operasional mulai dari Jam 6 pagi sampai jam 7 malam saja. 

“Hal ini tentunya menyesuaikan dengan jumlah penurunan penumpang. Karena memang kita diminta untuk tetap berada di rumah. Kita berharap masyarakat bisa memaklumi jangan keluar rumah jika tidak mendesak,” harapnya.

Ditambahkan Yuliarso, bahwa untuk mencegah berkembangnya virus Corona, saat ini pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan pada halte dan bus TMP.

“Untuk operasionalnya dilapangan kita minta supir dan pramugara Bis TMP tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Corona. Sebelum bis beroperasi kita dorong untuk melakukan pemyemprotan Disinfektan, jika terbatas bisa dengan melakukan pencucian saja. Hal ini yerus kita montor setiap harinya," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index