H-1 Ramadan 1441 H, Sudah 2416 WNI Dipulangkan ke Daerah Asal

H-1 Ramadan 1441 H, Sudah 2416 WNI  Dipulangkan ke Daerah Asal
Para WNI asal Malaysia saat tiba di Riau harus melakukan dan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah terkait Covid-19''.(celotehriau.com)

CELOTEHRIAU.COM--Pelabuhan Pelindo I Dumai terus menerima  kedatangan sejumlah WNI yang menjadi tenaga kerja di Negeri Jiran Malaysia.

H-1 Ramadan kemaren, Pelabuhan Pelindo I Dumai hari ini kedatangan 163 WNI asal Malaysia yang diberangkatkan dari Pelabuhan Port Dickson, Malaka.Total sudah 2416 WNI pulang ke Indonesia melalui jalur laut.

Kepulangan para WNI ini merupakan desakan Pemerintah Malaysia bagi para imigran yang memiliki visa melancong untuk segera meninggalkan Negeri Jiran, menjelang kebijakan lockdown diterapkan 

Bagi para WNI yang pulang tersebut harus menjalani prosedur standar penanganan Covid-19 bagi warga negara yang berasal dari daerah pandemi. Seperti pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan.

Hal itu diungkapkan Kepala UPT Penyebrangan Andre Kurniawan. Dikatakannya para WNI yang baru pulang itu setelah diukur suhu tubuhnya langsung dipulangkan ke daerah asalnya oleh bidang  Pemulangan WNI Tujuan Luar Riau dari Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri).

"Semua WNI telah yang sudah diukur suhu badannya langsung di distribusikan menurut daerah tujuan mereka. Ada yang ke Sumut, Sumbar, Jambi, Lampung dan Jawa Timur," cerita Andre.

Sementara itu untuk para WNI tujuan dalam Provinsi Riau diatur oleh petugas dari Dinas Perhubungan Provinsi Riau dan Dinas Perhubungan Kota Dumai.

Untuk diketahui, pemulangan WNI ini melibatkan unsur-unsur Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai, Dinas Kesehatan Dumai, Imigrasi Dumai, Pelindo I Dumai, KPLP, KSOP, Dinas Perhubungan Provinsi Riau dan Kota Dumai serta BPTD IV Riau-Kepri.

"Alhamdulillah, hari ini proses pemulangan berjalan dengan lancar.Kami mendoakan selamat sampai tujuan dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1441 H, mohonnmaaf lahir dan bathin," celotehnya.

Pihaknya mengimbau kepada para WNI yang dipulangkan ke kampung halaman masing-masing untuk melakukan isolasi mandiri.

Rincian kedatangan WNI  asal Malaysia melalui pelabuhan Tanjung Balai Karimun  tujuan pelabuhan akhir Selatpanjang, Mengkapan,Bengkalis dan Dumai.


1. Pelabuhan Selat Panjang : 872 Orang
2. Pelabuhan Bengkalis : 707 Orang
3. Pelabuhan Mengkapan dengan Rincian :
  a. Sumbar : 3 Orang
  b. Bengkulu : 8 Orang
  c. Riau :
    - Pekanbaru : 12 Orang
    - Kampar : 38 Orang
    - Pelalawan : 2 Orang
    - Siak : 26 Orang
    - Inhu : 1 Orang
    - Bengkalis : 2 Orang
4. Pelabuhan Dumai dengan rincian :
  a. Aceh  : 3 orang
  b. Sumut : 260 orang
  c. Sumbar : 35 orang
  d. Jambi : 34 orang
  e. Sumsel : 1 orang
  f.  Riau :
    - Pekanbaru : 4 orang
    - Kampar : 46 orang
    - Rohul : 3 orang
    - Rohil : 31 orang
    - Dumai : 51 orang
    - Rupat : 111 orang
    - Duri : 4 Orang
5. Pelabuhan Pelindo 1 dengan rincian :
  a. Sumut : 28 orang
  b. Sumbar : 97 orang
  c. Jambi : 17 orang
  d. Lampung : 2 orang
  e. Riau : 
    - Dumai : 12 orang
    - Pekanbaru : 3 orang
    - Kampar : 1 orang
    - Rohil : 2 orang

Berita Lainnya

Index