2 Ekor Beruang Madu Masuk Perkebuban Warga, BKSDA Riau Berusaha Giring ke TWA Sungai Dumai

2 Ekor Beruang Madu Masuk Perkebuban Warga, BKSDA Riau Berusaha Giring ke TWA Sungai Dumai

PEKANBARU - Balai Besar KSDA Riau membenarkan adanya dua ekor beruang madu yang masuk perkebunan warga di Bukit Batu, Dumai.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, menjelaskan saat ini pihaknya tengah berusaha mengiring dua ekor beruang madu tersebut kembali ke Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai.

"Petugas BBKSDA Riau dari Resort Dumai dibantu komunitas pencinta alam telah berada di lokasi untuk melakukan pemantauan dan penanganan. Mereka berupaya melakukan penggiringan kembali ke TWA Sungai Dumai," ujar Suharyono, Senin 1 Juni 2020.

Suharyono menjelaskan, beruang madu tersebut memang berasal dari TWA Sungai Dumai.

"Sebenarnya Beruang tersebut penghuni TWA Sungai Dumai, dan sebelumnya sudah beberapa kali terlihat di kebun masyarakat sekitar TWA Sungai Dumai," jelas Suharyono.

Masih dikatakan Suharyono, pihaknya juga mempersiapkan opsi penangkapan apabila satwa langka tersebut tidak bisa digiring ke TWA Sungai Dumai.

"Apabila sampai besok beruang belum dapat digiring ke dalam habitatnyaz maka tim merencanakan untuk memasang  perangkap atau kerangkeng untuk upaya selanjutnya," pungkas Suharyono.

Berita Lainnya

Index