SMPN 27 Lakukan Jurus Jitu Ini Untuk Mudahkan Siswanya Jawab Soal UN

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:37:56 WIB

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), akan digelar April 2019 mendatang. Menjelang hari tersebut, biasanya banyak cara yang dilakukan sejumlah sekolah untuk bagaimana diberi kelancaran dan kesuksesan agar siswanya mampu menjawab soal ujian dan menghadapi gregetnya momen tersebut.

Seperti yang dilakukan salah satu sekolah di Pekanbaru ini, SMPN 27, yang telah melaksanakan kegiatan khatam quran sekaligus muhasabah bersama siswa yang harapannya diberi kelancaran menghadapi UN. 

"Ya, sebanyak 125 siswa kami yang duduk bangku kelas IX telah melaksanakan qatam quran dan musahasabah akhir pekan kemarin. Dalam kegiatannya, dilaksanakan juga pawai ta'aruf dengan mengitari sejumlah ruas jalan-jalan yang ada di sekitar sekolah," ujar Kepala SMPN 27 Pekanbaru, Elvi Devita, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan itu kata Elvi, juga merupakan wujud implementasi penerapan program sekolah mengaji yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di seluruh sekolah di Kota Pekanbaru. SMPN 27 juga secara rutin menggelar sekolah mengaji dengan membacakan lantunan ayat suci Al-Quran setiap pagi, menjelang proses belajar mengajar akan dimulai

"Acara kemarin itu usai pawai taaruf, siswa kami kumpulkan dilapangan untuk prosesi kegiatan khatam Alquran. Secara bergantian, 28 siswa-siswi dari perwakilan yang telah ditentukan, membacakan ayat suci Al-Quran juz 30, yang merupakan bagian terakhir dalam Alquran," terang Elvi

Dirinya juga menambahkan, pelaksanaan khatam quran sekaligus kegiatan muhasabah tersebut adalah salah satu cara SMPN 27 Pekanbaru yang ke-3 kalinya dalam mempersiapkan mental siswa menghadapi Ujian Nasional.

"Jadi, usai melaksanakan khatam quran, acara dilanjutkan dengan muhasabah. Siswa kelas IX yang sudah khatam quran meminta restu orangtua masing-masing agar diberi kelancaran menjawab soal-soal UN, seiring akan digelarnya Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat pada bulan April 2019 mendatang," tambahnya.

Terkini