Pj Wako Saksikan Simulasi Makan Siang Gratis di Dua Sekolah

Kamis, 12 September 2024 | 15:44:00 WIB

PEKANBARU - Simulasi makan siang gratis di Kota Pekanbaru dilaksanakan di SD Negeri 68 dan SMP Negeri 32 Pekanbaru, Kamis (12/9/2024). Uji coba makan siang gratis tersebut diserahkan langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, kepada siswa SD dan SMP tersebut.

Pemberian makan siang gratis itu, Pj Walikota didampingi Sekretaris Daerah Indra Pomi Nasution, Kepala Dinas Pendidikan Abdul Jamal, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maisisco, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan M Firdaus.

Ada 1.000 porsi makanan yang disiapkan Pemko Pekanbaru untuk dua sekolah tersebut. Pada simulasi ini, menu makanan yang diberikan kepada siswa adalah, nasi, daging ayam, telur, sayur, pisang, serta susu.

Tahap simulasi ini, masing-masing siswa membawa minuman sendiri. Pasalnya, untuk program makan siang gratis ini tidak menyediakan air mineral. Dalam proses simulasi itu, Pj Walikota Pekanbaru, langsung membagikan makanan tersebut kepada masing-masing siswa.

Para siswa tampak antusias menerima simulasi program makan siang gratis dari Pemko Pekanbaru tersebut. Ada 358 siswa SD Negeri 68 dan 581 siswa SMP Negeri 32 yang menerima makan siang gratis dari Pemko Pekanbaru.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah SD Negeri 68 Nurmalis mengatakan, untuk jumlah siswa yang menerima makan siang gratis ini hanya siswa yang masuk pagi. Sementara untuk siswa yang masuk siang tidak diberikan.

"Total semua murid ada 484 siswa, yang dapat makan siang ini hanya yang masuk pagi, ada 358 siswa, sementara sisanya yang masuk siang itu kelas 3 dan 4 tidak," ujar Nurmalis.

Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengatakan, simulasi ini dalam rangka uji coba program presiden terpilih. Uji coba dilakukan untuk melihat bagaimana program ini nantinya dilaksanakan.

"Simulasi ini kita ambil untuk melihat dan permasalahan-permasalahan jika program ini dilaksanakan di Kota Pekanbaru. Dan Alhamdulillah lancar, karena sebelumnya juga sudah dilakukan oleh pihak ketiga di SD Pekanbaru," ujar Risnandar.

Dari simulasi ini, Pemko memastikan bahwa Kota Pekanbaru siap melakukan program makan siang gratis tersebut. Saat ini, Pemko Pekanbaru hanya tinggal menunggu petunjuk teknis dari kementerian maupun lembaga yang menangani terkait program tersebut.

"Sebenarnya kita Kota Pekanbaru siap melaksanakan program ini. Intinya kita tinggal melihat juknisnya di kementerian atau lembaga terkait yang menangani gizi ini," pungkasnya.

Terkini