Ribuan Surat Suara Rusak di Riau, Kota Dumai Terbanyak

Ribuan Surat Suara Rusak di Riau, Kota Dumai Terbanyak
Ilustrasi

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau hingga saat ini sudah menemukan puluhan ribu surat suara yang rusak.

"Hingga saat ini kami telah menemukan 35.872 lembar surat suara yang rusak dari 8 kabupaten dan kota. Hingga pekan depan, diprediksi masih akan ada temuan surat suara yang rusak. Sebab, penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung," kata komisioner Bawaslu Riau, Neil Antariksa, Sabtu (16/3/2019).

Jumlah surat suara rusak tersebut, sambung Neil diprediksi akan semakin bertambah seiring terus berlanjutnya proses penyortiran dan pelipatan surat suara.

Neil Antariksa merincikan, surat suara paling banyak rusak sementara ini terdapat di KPU Kota Dumai. Dimana, pihaknya menemukan sebanyak 16.204 lembar surat suara yang rusak.

Sedangkan daerah kedua terbanyak terdapat surat suara rusak terdapat di KPU Rohul dengan jumlah surat suara rusak sebanyak 15.575 lembar.

"Daerah ketiga yang paling banyak ditemukan surat suara rusak oleh Bawaslu terdapat di Kota Pekanbaru dengan jumlah surat suara rusak sebanyak 1.525 lembar," ujarnya.

Lebih lanjut Neil menjelaskan, kategori kerusakan bervariasi, ada yang berkerut, potongan lembaran surat suara tidak lurus, robek, tinta meluber, kotor oleh noda dan , buram atau pudar.

"Kita akan berkoordinasi dengan KPU Riau terkait hal ini," imbuhnya.

Berita Lainnya

Index