Iwan Setiawan, Penakluk Everest hingga Ditunjuk Jadi Danjen Kopassus

Iwan Setiawan, Penakluk Everest hingga Ditunjuk Jadi Danjen Kopassus

Jakarta, celotehriau.com--Brigjen Iwan Setiawan diangkat menjadi Danjen Kopassus yang baru menggantikan Mayjen Widi Prasetijono. Pergantian ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna.

"Terkait mutasi jabatan Pati di Lingkungan TNI AD, termasuk diantaranya Danjen Kopassus, memang benar adanya," kata Tatang, Selasa (29/3).


Iwan adalah perwira militer angkatan 1992. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 16 Februari 1968 itu pernah menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus pada 2008. Jabatannya lebih banyak di lingkungan Baret Merah.

Sebelum diangkat menjadi Danjen Kopassus, Iwan menjabat sebagai Wakil Asisten Latihan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Bidang Kerja Sama Militer (Waaslat Kasad Bid Kermamil).

Dalam kariernya, ia pernah menjabat sebagai Danpusdikpassus pada 2014-2015. Lalu sebagai Danrindam Jaya pada 2015-2016, Iwan kemudian dipercaya menjabat sebagai Danrem 052 Wijayakrama selama dua tahun yakni pada 2016-2018.

Sebelum di jabatan terakhirnya, Iwan pada 2020-2021 menjabat sebagai Danrem 173/Praja Vira Braja.

Iwan juga merupakan satu di antara tiga prajurit Kopassus yang berhasil menancapkan Bendera Merah Putih di puncak Everest pada 26 April 1997.

Ekspedisi Everest itu dimotori oleh Prabowo Subianto yang ketika itu menjabat Danjen Kopassus.

Saat itu, Iwan masih berpangkat letnan satu. Ia berhasil menjejakkan kaki di atap dunia bersama Sertu Misirin dan Pratu Asmujiono.

#nasional

Index

Berita Lainnya

Index