Komsos ke Kampung Pancasila, Babinsa Ajak Masyarakat Miliki dan Merawat Jiwa Gotong Royong

Komsos ke Kampung Pancasila, Babinsa Ajak Masyarakat Miliki dan Merawat Jiwa Gotong Royong

PEKANBARU, celotehriau.com--Sejak  kelurahan Sumahilang diresmikan menjadi kampung Pancasila oleh Danrem 031 WB Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung pada 11 Maret 2022 lalu. Berbagai aktifitas dan kreatifitas dilakukan oleh Babinsa selaku pembina teritorial.

Salahsatunya, dengan melaksanakan komunikasi sosial berinteraksi dengan warga terkait penghapalan, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Tujuan didirikannya Kampung Pancasila di wilayah kelurahan Sumahilang adalah dalam rangka penguatan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme mencegah radikalisme sehingga kondifitas wilayah kita harapkan tidak akan terjadi gesekan dari pengaruh- pengaruh luar," kata Pelda Adi Yusuf.

Berangkat dari tujuan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara inilah, kata Adi Yusuf sangat penting melakukan interaksi dengan warga dan berdialog tentang apa itu Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

"Salahsatunya  menyambangi warga dan meminta mereka untuk menghapal isi pancasila."

"Setelah itu baru masyarakat diajak  menjalankan nilai nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Antara lain menjaga dan merawat nilai atau  jiwa gotong royong ,  peduli sesama dan saling harga menghargai. Ini penting karena sudah hampir tergerus zaman," tuntasnya.(***/IUD)

Berita Lainnya

Index