Komsos Babinsa Menanamkan Nilai Pancasila Pada Warga Kampung Pancasila

Komsos Babinsa Menanamkan Nilai Pancasila Pada Warga Kampung Pancasila
Peltu Andry Rasyid dan Kopda Ario Diansah saat komsos ke kampung Pancasila di Jalan Hangtuah Kelurahan Sumahilang (CR1)

PEKANBARU, celotehriau.com-- Menanamkan nilai -nilai Pancasila kepada warga binaan menjadi salahsatu aktifitas Babinsa kelurahan sejak diresmikannya kampung Pancasila di Kelurahan Sumahilang yang merupakan wilayah teritorial Koramil 02 Kota.

Jumat (22/4/2022), giliran Babinsa Kelurahan Simpang Empat  Peltu Andry Rasyid dan Kopda Ario Diansah melakukan komsos serta pendataan warga yang  hapal Pancasila di Kampung Pancasila di jalan Hangtuah  RT 03 dan RW 01 kelurahan  Sumahilang kecamatan Pekanbaru Kota.

Dibantu satu perwakilan  RW/RT , dua personil Babinsa Koramil 02/Kota dan satu Pelopor Pancasila,. Anggota TNI AD ini secara door to door menyambangi 15 KK.

"Hari ini Babinsa melaksanakan komsos, menyambangi 15 KK atau sekitar 53 orang yang ditemui di RT03 RW 01 Kelurahan Sumahilang " jelas Peltu Andry Rasyid

Kepda warga yang disambangi Babinsa meminta warga untuk melapalkan Pancasila." Hasilnya dari 53 warga,.sebanyak 10 orang tidak mengetahui sama sekali tentang Pancasila," kata Andry

Andry menyebutkan, komsos ini merupakan bagian dari edukai kepada warga binaan untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jika dulu kita mengenal namanya P4, pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila dan sekarang melalui kampung Pancasila kami (Babinsa red) ingin kembali membumikan Pancasila sebagai azas negara yang harus diketahui dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Peltu Andry Rasyid

Jadi kata Andry dalam komsos kali ini ada 3 poin penting yang menjadi tujuan. Pertama, menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Kedua, menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.

Ketiga, menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila.

"Bak kata pepatah, tak kenal maka tak sayang dan tak sayang maka tak cinta. Intinya Babinsa memperkenalkan sejak dini Pancasila sebagai dasar negara dengan tujuan menghindari radikalisme  dan perpecahan antara rakyat.Semoga komsos ini membawa manfaat bagi kedua belah pihak, TNI dan Rakyat," tutupnya. (***/IUD)

Berita Lainnya

Index