Dibuka Bagi Golongan 1, Ini Jadwal Operasional Tol Pekanbaru-Bangkinang

Dibuka Bagi Golongan 1, Ini Jadwal Operasional Tol Pekanbaru-Bangkinang
Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang.(ist/ilustrasi)

PEKANBARU, celotehriau.com - Kendaraan yang diizinkan melintas di ruas tol Pekanbaru-Bangkinang sepekan sebelum dan sesudah lebaran Idul Fitri nanti hanya kendaraan golongan satu. 

Kendaraan yang masuk kategori golongan satu yakni sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus. Sementara diluar kategori golongan satu, tidak diizinkan. 

"Tadi kita sudah rapat, pak Gubernur sudah memberikan arahan bahwa jalan tol Pekanbaru-Bangkinang  dibuka dimulai tanggal 26 April 2022," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) SF Hariyanto, dalam keterangannya, Jumat (22/4/22). 

Untuk mengawasi kendaraan yang masuk, petugas terkait akan melakukan pengawasan. 

Kendaraan yang bisa melalui jalan bebas hambatan kedua di Riau ini selama difungsionalkan harus spesifikasi golongan kendaraan yang sudah ditentukan. 

Untuk jadwal operasional tol, sebelum lebaran dimulai tanggal 26 April - 3 Mei 2022. Kemudian pasca lebaran, dibuka pada tanggal 4 sampai dengan 11 Mei 2022.

Ada pun jam operasional dimulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. 

Alasan hanya dibuka dari pagi sampai sore, karena kawasan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang belum dilengkapi penerangan. 

Selain itu, juga belum ada dilengkapi dengan rambu-rambu petunjuk jalan. Sementara akses jalan dipergunakan baru satu jalur. Dengan ketentuan dibuka sepekan pertama dari arah Pekanbaru via Sungai Pinang. 

Kemudian untuk sepekan pasca lebaran, akses masuk tol hanya diperbolehkan dari arah Bangkinang menuju Pekanbaru via jembatan seberang Bangkinang.

"Jadi saya tegaskan, jalan tol dibuka khusus untuk kendaraan golongan satu, kendaraan kecil, dan bukan kendaraan besar. Kemudian, jalan tol tidak dibuka malam, karena penerangan belum lengkap dan rambu-rambu juga belum ada. Jangan sampai kita buka malah nanti menjadi permasalahan," papar SF Hariyanto. 

Lebih lanjut SF Hariyanto menjelaskan alasan jalan tol dibuka dari Pekanbaru menuju Bangkinang 7 hari, sedangkan sebaliknya lebih dari 7 hari. 

"Karena kita perkirakan untuk mengantisipasi Hari Raya Enam di Kampar. Jadi saat acara itu, kita beri kebebasan masyarakat," ungkapnya. 

"Nanti saat dibuka, di jalan tol akan ada pos pengamanan dari pihak kepolisian. Kemudian, nanti tanggal 25 April, pak Gubernur dan Forkompinda akan meninjau ke lapangan (jalan tol Pekanbaru-Bangkinang)," ujarnya.(red)

Berita Lainnya

Index