Penataan Kota Pangkalan Kerinci, Semenisasi Jalan Koridor Mulai Dibangun Tahun Ini

Jumat, 17 Juni 2022 - 20:07:57 WIB Cetak

PELALAWAN - Masyarakat yang berada di kota Pangkalan Kerinci kembali merasakan realisasi pembangunan Kabupaten Pelalawan khususnya di Pangkalan Kerinci.

Salah satunya rencana pembangunan akses jalan koridor PT RAPP. Keberadaan jalan koridor tersebut sudah menjadi vital karena menghubungkan pemukiman, sarana umum dan instansi pemerintah. Sebut saja, RSUD Selasih, kantor Pengadilan Negeri (PN), kantor Pengadilan Agama (PA), kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) ataupun sejumlah sekolah seperti SMKN-1 Pangkalan Kerinci, SMAN 2 serta SMPN 2 dan banyak lagi yang merasakan manfaatnya.

Meski ada akses lain ditempuh menuju kesini, namun harus memutar lagi dan akan memakan waktu lebih lama. Misalnya, jalan lintas timur dari lampu merah lurus ke arah Siak ataupun dari jalan Simpang Lago mengarah ke Simpang KM 55, lalu belok kanan mengarah lagi ke Siak, lalu berjumpa nanti simpang belok kanan.

Jika jalan akses ini dibangun, tentu akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Sebab keberadaan jalan koridor RAPP ini telah mempersingkat jarak tempuh. Menuju disini bisa lebih dekat, masuk simpang BTN persis depan Ramayana Pangkalan Kerinci, di ujung jalan belok kekiri jalan sedikit ke depan, kita sudah berjumpa belok ke kanan, lalu lurus ke depan sudah bertemu dengan RSUD.

Pembangunan jalan akses akan dilakukan secara bertahap tahun ini. Salah satu di antaranya, banyak program dalam janji kampanye Bupati Zukri Misran berpasangan dengan Wakil Bupati H Nasarudin SH, MH, khususnya, untuk penataan kota Pangkalan Kerinci yang terabaikan.

Dengan semangat anak muda, pemerintah kabupaten Pelalawan di era kepemimpinan bupati Zukri mengandeng PT RAPP membangun jalan koridor yang ditunggu-tunggu masyarakat Pangkalan Kerinci. Meskipun di satu sisi PT RAPP sudah berkontribusi banyak membangun kabupaten Pelalawan di berbagai sektor. Jalan akses ini dibangun tidak memakai dana APBD Pelalawan melainkan program CSR PT RAPP yang disepakati pada Musrenbang, diproyeksikan tahap awal dibangun dari lampu merah sampai dengan simpang empat jalan Pemda.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BAPPEDA Pelalawan, Tengku Zulfan beberapa hari yang lalu, membenarkan bahwa PT RAPP sudah mulai melakukan pembangunan jalan logging mulai dari lampu merah mengarah ke Langgam. Posisinya, saat ini pihak perusahaan sudah mulai melakukan upaya pengerasan dan perluasan pelebaran badan jalan, sebagai langkah awal pembangunan jalan nantinya, dengan rigid.

"Alhamdulillah, tahun ini untuk tahap awal dibangun oleh PT RAPP, rigid sepanjang dua kilo meter. Titik nol mulai dari simpang lampu merah mengarah ke Langgam dan dilanjutkan pada tahun berikutnya," cakap Tengku Zulfan.

Tidak itu saja, kata Tengku Zulfan, pihak PT RAPP juga pada tahun ini, melakukan pelebaran di simpang empat lampu merah, mengarah ke Jalan Lingkar. Pelebaran ini sebagai bagian dari penataan kota Pangkalan Kerinci, khususnya, mengurai kemacetan.

Di tempat terpisah Mabrur, mewakili manajemen PT RAPP membenarkan pihaknya, akan membangun jalan logging jenis rigid sepanjang dua kilometer. "Sesuai kesepakatan, tahun ini kita bangun rigid dua kilo meter, saat ini 'on progres', dimana sudah dilakukan pembuatan parit kiri-kanan badan jalan. Nah, untuk masalah sosialnya, kami serahkan ke Pemda," tandasnya.***(Advertorial)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+