Kepala BPKAD Yulianis Pimpin Penyerahan Arsip Statis ke Dispusip Pekanbaru

Jumat, 08 Juli 2022 - 19:34:11 WIB Cetak

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan pemusnahan dan penyerahan arsip statis Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Jumat (8/7/2022).

Dimana kegiatan itu, berlangsung di ruang rapat kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Jalan Abdul Rahman Hamid Gedung B3 Lantai II, Kecamatan Tenayan Raya. 

Kepala BPKAD Kota Pekanbaru Hj Yulianis SSos MSi langsung memimpin kegiatan pemusnahan dan penyerahan arsip statis tersebut.

Yulianis menjelaskan, bahwa pemusnahan maupun penyerahan arsip yang dilakukan ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan arsip yang otentik, terpercaya dan mendinamiskan sistem kearsipan Pemerintah Kota Pekanbaru yang Akurat. 

“Dengan ini kita menjaga Kearsipan Kota Pekanbaru hingga generasi penerus kita nanti dan ketika ada dilakukannya pencarian arsip, arsip yang kita cari masih ada itulah harapan kita kedepannya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Yulianis arsip statis merupakan rekam jejak sekaligus memori kolektif yang terdokumentasikan menjadi suatu identitas dan khazanah warisan budaya bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya pemeliharaan arsip untuk menjamin keamanan dan keselamatan arsip statis tersebut.

“Arsip menjadi salah satu pilar ujung tombak smart government untuk mewujudkan Pekanbaru smart city madani. Makanya sudah menjadi kewajiban semua OPD untuk melakukan tertib arsip sesuai dengan kaedah kearsipan. Adapun arsip BPKAD yang dimusnahkan itu di bawah tahun 2011,” terang Yulianis.

Sambung Yulianis, pemeliharaan arsip perlu dilakukan dengan cara yang benar dan tepat, sehingga meminimalisir kemungkinan rusak. Baik akibat serangga, kutu, jamur maupun gangguan dari orang-orang di sekitarnya. 

“Mari kita jaga arsip bersama-sama. Karena arsip ini sangat penting untuk kemajuan bangsa,” tutur Yulianis. 

Turut hadir dalam acara pemusnahan dan penyerahan arsip statis yang dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru diataranya Sekretaris BPKAD Pekanbaru, Rizki Amelia Firdaus, beberapa OPD perwakilan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, perwakilan dari Inspektur Inspektorat dan Kepala Bagian Hukum. (Adv)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+