Bupati Zukri Buka Pelatihan Tagana di Kecamatan Bandar Sikijang

Bupati Zukri Buka Pelatihan Tagana di Kecamatan Bandar Sikijang

PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran membuka kegiatan pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pelalawan  yang diselenggarakan ddi Lapangan Kantor Camat  Bandar Sekijang, Kamis (21/7/2022), kemarin.

Pelatihan mengambil tema 'Kegiatan Relawan Tagana Kegiatan Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2022 Kecamatan Bandar Sekijang'.

"Acara Pelatihan Tagana tersebut dilaksanakan mulai tanggal, 20 sampai dengan 24 Juli 2022. Peserta hadir dan registrasi mulai Kamis, tanggal 20 kemarin," terang Ketua Tagana Pelalawan H. Ardianto SE.

Sementara itu Erwin Rommel selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan Sebagai Pembina Fungsional dan juga ketua pelaksana kegiatan melaporkan, acara pelatihan Tagana di ikuti oleh 65 orang peserta. Pelatihan adalah warga yang berasal dari pemuda, pelajar dan masyarakat Kecamatan Bandar Sekijang.

Menurut Erwin, anggota Tagana di Pelalawan dan Relawan berjumlah sekitar lebih kurang 600 orang, yang hanya mendapatkan tali asih dari Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia hanya sebanyak 30 orang di Pelalawan.

“Melihat kondisi geografis Pelalawan yang rentan bencana alam (Banjir, Karhutla dll) sementara kita belum bisa mengetahui dengan pasti kapan bencana itu terjadi, maka untuk mengurangi risiko bencana diperlukan kesiapsiagaan petugas terlatih dalam penanganannya,” ujar Kadis Sosial, Erwin.

Ia juga berharap, kepada bapak Bupati Pelalawan agar bisa memberikan tali asih untuk anggota Tagana Pelalawan.

Selanjutnya, Bupati Pelalawan H. Zukri Pembina Utama Tagana menyampaikan dalam pidatonya, memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pelatihan Tagana Pelalawan.

Ia berharap, pelatihan yang diselenggarakan dapat membantu penanganan bencana baik dalam pra bencana dan pasca bencana.

Menurutnya, penanggulangan bencana dapat berjalan baik, efektif, efisien jika masyarakat turut ambil bagian dan proaktif pada setiap kejadian bencana alam serta dapat bersinergi dalam mitigasi bencana.

Selain itu, lanjut H. Zukri, langkah antisipasi juga diperlukan untuk meminimalkan dampak bencana alam.

“Saya berharap peserta mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, saat dan sesudah bencana,”Ungkap, Bupati Pelalawan, H. Zukri.

Bupati  Zukri berjanji kedepannya, akan memberikan tali asih kepada anggota Tagana Melalui Anggaran Kabupaten Pelalawan.***

Berita Lainnya

Index