Babinsa dan Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasikan Pembuatan Ember Tumpuk 

Kamis, 28 Juli 2022 - 11:35:53 WIB Cetak

PEKANBARU, celotehriau.com --Mendukung Pekanbaru Bersih Sehat bebas dari sampah, Babinsa Koramil 02 Kota Serka TM Sihite sosialisasikan pembuatan ember tumpuk di aula kantor Lurah Kota Tinggi, Kamis ( 27/7/2022).

Sosialisasi dan pelatihan diberikan kepada mahasiswa kuliah kerja nyata ( Kukerta) Universitas Riau tahun 2022.

Sosialisasi oleh Babinsa  diawali dengan menjelaskan tentang manfaat pembuatan pengelolaan ember tumpuk, cara kerja ember tumpuk, serta melakukan interaksi tanya jawab perihal ember tumpuk. 

Serka TM Sihite menuturkan, ember tumpuk merupakan suatu alat untuk memproses limbah rumah tangga yang dibuat dengan menyatukan dua buat ember yang disusun bertingkat.

"Ember tumpuk ini menggunakan bantuan dari larva Hi pada skala rumah tangga. Larva Hi dikenal juga sebagai lalat hitam, yang dapat membantu proses pengomposan dan mempercepat proses pembusukan atau penguraian sampah,” ujarnya.

Metode ember tumpuk dibuat dengan menggunakan alat sederhana dan mudah diperoleh, sehingga teknologi ini sangat mudah diaplikasikan di rumah. Selain itu, ember tumpuk mampu mengolah sampah organik menjadi pupuk cair yang ramah terhadap lingkungan.

Dengan adanya ember tumpuk di setiap rumah tentu secara tidak langsung dapat membantu memperbaiki lingkungan dan mengurangi sampah. Setiap orang dapat membuat pupuk cair organik yang murah dan mendukung lahan pertanian, terutama pupuk sebagai perangsang akar tumbuhan.

"Inti dari kegiatan ini adalah pengelolaan sisa bahan makanan menjadi pupuk siap pakai dengan cara menggunakan magot yang dilestarikan, dan kita mampu menerapkan kebiasaan untuk memilah-milah sampah rumah tangga," tutupnya ( IUD)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+