Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Mengedukasi Masyarakat Melalui Bank Sampah

Rabu, 27 Juli 2022 - 20:42:23 WIB Cetak

SIAK - Mahasiswa Universitas Riau melaksanakan Kukerta Balek Kampung 2022 di Kelurahan Perawang, Kabupaten Siak. Kukerta atau pengabdian ke masyarakat ini dilaksanakan selama 40 hari dengan 10 mahasiswa dari berbagai fakultas. 

Para mahasiswa melaksanakan salah satu program yaitu melakukan kegiatan pemilahan sampah rumah tangga melalui bank sampah. 

Pemilik Bank Sampah, Sujarwanta Djarot, menerangkan bahwa dirinya memiliki inisiatif membuat bank sampah karena sampah yang bisa didaur ulang dapat kembali dimanfaatkan. 

“Terutama sampah plastik yang sulit terurai. Sampah yang di jual masyarakat melalui bank sampah nantinya akan dikirimkan ke PT Laguna Asia Indah. Disana sampah akan di daur ulang sehingga dapat digunakan lagi,” kata Djarot, Rabu (27/7/2022) kemarin. 

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa juga bersilaturahmi dengan Ketua RT 03 RW 03 guna memberitahukan akan ada sosialisasi terkait bank sampah. Tidak hanya itu saja, para mahasiswa juga mengimbau agar warga dapat meletakan sampah rumah tangga ke dalam tempat yang telah disediakan.

Kegiatan ini sangat di respon positif oleh warga RT 03 RW 03 “Saya sangat mengapresiasi kegiatan KKN ini, karena masyarakat bisa mengetahui apa yang harus dilakukan terhadap sampah rumah tangga nantinya,” ujar Nuraisah warga di RT 03. 

Nuraisah juga berharap, kedepannya dengan adanya gerakan yang dilakukan oleh mahasiswa sekiranya dapat menjadi contoh dan pengetahuan bagi masyarakat dalam mengatasi sampah rumah tangga.

Sampah yang telah terkumpul akan di distribusikan ke bank sampah yang ada di kpr 1 dan hasil dari sampah rumah tangga tadi akan diberikan kembali kepada warga melalui RT 03.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+