Serka TM Sihite Sosialisasikan dan Praktekkan Pembuatan Ember Tumpuk 

Jumat, 05 Agustus 2022 - 13:33:21 WIB Cetak

PEKANBARU, celotehriau com-- Babinsa Serka TM Sihite bersama mahasiswa kuliah kerja nyata (kukerta) Universitas Riau melakukan sosialisasi dan memprekatekkan penanganan limbah rumah tangga dengan metode ember tumpuk.

Kegiatan yang digelar di RW 03 RT 03 Kelurahan ini dihadiri masyarakat khususnya ibu-ibu dari wilayah RT 03 

Kata Serka TM Sihite  ember tumpuk,  merupakan alat pemroses pupuk yang dibuat dengan menyatukan 2 buah ember yang disusun bertingkat.

"Ember tumpuk digunakan untuk mengolah sampah dengan bantuan larva Hi (Hermetia illucens) pada skala rumah tangga.Hermetia illucens ini dikenal juga sebagai BSF (Black Soldier Fly) atau lalat tentara hitam."

“Larva Hi dapat membantu proses pengomposan aerob dan mempercepat proses penguraian sampah organik di reaktor tumpuk,” jelas Sihite.

Metode ember tumpuk ini menggunakan peralatan sederhana dan mudah diperoleh. Dan, teknologi ini sangat mudah diaplikasikan di rumah.

"Ember tumpuk mampu mengolah sampah organik menjadi pupuk organik yang ramah lingkungan.
Dengan ember tumpuk, setiap orang dapat membuat pupuk organik yang murah dan mendukung lahan pertanian yang mulai kehilangan kesuburannya," ucapnya.

Pada intinya kegiatan hari ini sebut Sihite adalah  untuk pengelolaan sampah organik dan anorganik. Adalah bagaimana setiap rumah tangga  mampu menerapkan kebiasaan untuk memilah sampah rumah tangga.

"Semoga kegiatan hari ini memberikan manfaat kepada seluruh warga khususnya setiap individu mampu mengolah limbah rumah tangga bermanfaat," tegasnya. ( IUD



Tulis Komentar +
Berita Terkait+