Babinsa Hadiri Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kelurahan Kota Tinggi

Babinsa Hadiri Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kelurahan Kota Tinggi

PEKANBARU, celotehriau.com-- Babinsa Koramil 02/Kota Serka TM Sihite bersama Bhabinkamtibmas Aipda Dini hadiri kegiatan Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang di Aula Kantor Kelurahan Kota Tinggi, Selasa (9/8/2022).

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan upaya pendekatan perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

" Sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat STBM dan meningkatkan akses kebersihan serta kesehatan lingkungan, sarana jamban dan menurunkan angka buang air besar sembarangan, " kata kepala Puskesmas Pekanbaru Kota Desrina.

Kata Desrina, sosialisasi ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan, salah satunya dengan STBM.Yakni dengan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang perilaku hidup sehat dalam kehidupan bermasyarakat dengan Kadernya sebagai penggerak utamanya.

Dalam pada itu Danramil 02 Kota melalui Babinsa Serka TM Sihite  meminta agar masyarakat kelurahan Kota Tinggi  harus bisa menciptakan lingkungan bersih dan sehat menuju sejahtera, dengan cara menjaga kesehatan baik kesehatan pribadi maupun lingkungannya. 

"Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat," jelasnya.

Sementara itu Lurah Kota Tinggi Adevisar SH dalam sambutanya mengucapkan terimakasih dengan sosialisasi dan  motivasinya pihak terkait kepada masyarakat  kelurahan dalam menjaga kesehatan pada lingkunganya.

Lurah pun mendukung dan mengimbau seluruh masyarakat yang  belum mempunyai  septi tank   agar melakukan perencanaan pembuatannya 

"Saya berharap tidak ada lagi pencemaran air yang  menimbulkan penyakit bagi masyarakat terutama bagi anak yg bisa berisiko Stunting.
Jadi, kepada masyarakat yang memiliki  Septi tank segera direncanakan pembuatannya, apalagi tujuannya untuk kesehatan bersama," tegasnya 

Turut hadir dalam sosialisasi SSTBM, Ketua LPM, Ketua RT/RW sekelurahan Kota Tinggi,  mahasiswa kukerta  Universitas Riau dan segenap masyarakat. (IUD)

Berita Lainnya

Index