Meriahkan Pawai HUT RI di Mandau, Pujakesuma Tampil Dengan Kesenian Jawa

Meriahkan Pawai HUT RI di Mandau, Pujakesuma Tampil Dengan Kesenian Jawa
Pujakesuma saat tampil memeriahkan pawai HUT RI di Mandau.

DURI, celotehriau.com - Masyarakat keturunan Jawa yang tergabung dalam DPD Bengkalis dan DPC Kecamatan Mandau Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera) ikut ambil bagian dalam pawai HUT RI di Mandau, Senin (16/8/2022). 

Dalam acara menyambut hari kemerdekaan RI ini, Pujakesuma turun dengan pakaian adat Jawa dan penampilan kesenian Jawa. Acara yang diinisiasi oleh Camat Mandau, Riki Rihardi tersebut berlangsung meriah. 

Ketua DPC Pujakesuma Mandau, Syamsuri mengatakan bahwa acara tersebut merupakan wujud dalam menghargai pengorbanan para pahlawan bangsa dan menjunjung tinggi pengorbanan nenek moyang untuk memerdekakan negeri ini. 

"Sempena HUT RI ke 77 yang diadakan oleh Camat Mandau, kami turut serta pawai. Semoga dengan diadakan pawai ini bisa menjadi penguat dalam mempertahankan kesatuan dan persatuan tanpa membedakan suku ras dan agama atau bhineka tunggal ika," kata Syamsuri. 

Pada acara itu, Pujakesuma turut menampilkan kesenian jawa yaitu reog dan kuda kepang. 

"Mudah-mudahan seni budaya yang ada di Indonesia tak pupus termakan waktu dan tetap ada generasi penerusnya," ungkapnya. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Mandau yang telah memberikan kesempatan dalam acara ini. 

"Semoga ini menjadi wadah silaturrahim dan menjunjung tinggi adat istiadat di Bumi Lancang kuning," tuturnya.

Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Bengkalis, Karno menambahkankan nahwa momen ini memang yang sangat ditunggu-tunggu sebagai ajang pemersatu bangsa. 

"Semoga hadirnya Pujakesuma sebagai wadah putra putri Jawa, khususnya yang ada di Bengkalis dapat bersinergi dengan ikatan-ikatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Selain itu juga bersinergi dengan Pemerintah untuk mencapai gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo," ungkapnya. 

Dalam bahasa jawa, gemah ripah loh jinawi berarti kekayaan alam yang melimpah, sedangkan toto tentrem kerto raharjo berarti keadaan yang tentram.(red

 

Berita Lainnya

Index