3 Dampak Besar Usai India Kena Sanksi FIFA

3 Dampak Besar Usai India Kena Sanksi FIFA
Timnas India tidak bisa melaksanakan pertandingan internasional usai di sanksi FIFA.

JAKARTA, celotehriau.com---Pembekuan Federasi Sepak Bola India (AIFF) oleh FIFA memiliki dampak serius. Berikut tiga dampak besar yang diderita sepak bola India usai dibekukan FIFA.

FIFA membekukan AIFF setelah pengadilan tertinggi India membubarkan AIFF pada Mei dan menunjuk Komite Administrator yang diisi tiga anggota untuk mengatur olahraga tersebut.

Sementara langkah tersebut tidak sesuai dengan statuta FIFA karena semua federasi sepak bola harus bebas dari campur tangan hukum dan politik.

FIFA sedang menjalin koordinasi dengan Kementerian Olahraga India.

Namun pembekuan memaksa sederet agenda besar sepak bola di Negeri Anak Benua itu ikut terdampak.

Berikut tiga akibat pembekuan sepak bola India oleh FIFA:


1. India Batal Ikut Piala Asia 2023

Timnas India sukses menyapu bersih seluruh laga di Grup D Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan. Itu membuat mereka berhasil mengamankan satu tiket di putaran final Piala Asia 2023.

Namun sanksi FIFA terhadap AIFF otomatis membuat India batal ikut Piala Asia 2023. Tren positif di putaran ketiga babak kualifikasi pun seakan percuma.

India seharusnya mencatat penampilan dalam dua edisi Piala Asia 2023 berturut-turut. Otomatis rekor itu pun harus terhapus.

Batalnya India tampil di Piala Asia 2023 itu membuka kesempatan bagi negara lain. Sejauh ini terdapat kemungkinan Filipina menggantikan India.

Filipina menjadi kandidat pengganti India karena menjadi satu-satunya negara yang tidak lolos dalam klasemen runner-up terbaik di kualifikasi.

Jika terjadi maka Filipina akan menemani Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia dari Asia Tenggara.

2. India Tidak Boleh Bertanding di Laga Internasional

Timnas India tidak diperkenankan berlaga pada ajang internasional selama pembekuan berlaku. Piala Asia 2023 hanya menjadi salah satu contoh pentas internasional yang dilarang.

India tidak boleh ikut dalam agenda FIFA Matchday pada September mendatang. Rencananya mereka bakal menghadapi Vietnam.

Sanksi FIFA membuat pertandingan persahabatan itu terpaksa batal. India harus menyelesaikan persoalan demi bisa kembali beraksi.

Sebab, sanksi tidak hanya berlaku untuk timnas India. Klub-klub India juga diboikot dalam keikutsertaan di pentas internasional.

Klub asal India tidak boleh ikut semifinal inter-zone AFC Cup 2022 pada September mendatang. Itu artinya ATK Mohun Bagan tidak bisa melanjutkan perjalanannya di AFC Cup 2022.

3.  India Batal Menggelar Piala Dunia Wanita U-17

India yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita U-17 2022. Namun sanksi FIFA memaksa agenda tersebut harus batal digelar di India.

Padahal India sudah menggelar undian peserta pada 24 Juni lalu. Penyelenggara juga sudah menjual tiket pertandingan bagi penonton yang ingin datang ke stadion.


Terlebih lagi waktu penyelenggaraan hanya kurang dari dua bulan karena dijadwalkan bergulir Oktober mendatang. Ini membuat peserta yang sudah bersiap-siap harus menerima keadaan.

Pembekuan FIFA menjadi pukulan telak bagi India yang tengah merayakan hari kemerdekaan ke-75. Pemangku kebijakan India harus menyelesaikan masalah agar sepak bola setempat bisa kembali bergulir.(***)

 

Berita Lainnya

Index