Warga Tak Bisa Cetak KIA, Ini Penyebabnya

Warga Tak Bisa Cetak KIA, Ini Penyebabnya

PEKANBARU - Layanan Percepatan Penerbitan Dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) atau yang disingkat Cendekia saat ini sedang rusak. Layanan tersebut terpaksa ditutup sementara.

Akibatnya, masyarakat Pekanbaru yang ingin mencetak KIA harus bersabar sampai waktu yang masih belum bisa ditentukan, karena sedang dilakukan perbaikan oleh pihak terkait.

Informasi ini disampaikan melalui Instagram @disdukcapil_pekanbaru. Melalui postingan tersebut dikatakan "sehubungan dengan adanya perbaikan dan optimalisasi perangkat pencatatan KIA pada Disdukcapil Pekanbaru, maka dengan ini disampaikan bahwa layanan Cendekia mulai Rabu 7 September 2022 kami tutup sementara waktu sampai ada pengumuman selanjutnya".

Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Disdukcapil Pekanbaru, Mia, saat dikonfirmasi mengakui bahwa memang saat ini layanan Cendekia sedang mengalami kerusakan.

Ia mengatakan saat ini sedang dilakukan perbaikan. "Belum tau kapan (bisa), insyaAllah secepatnya," ucapnya.

Salah seorang petugas jaga layanan di kantor Disdukcapil Pekanbaru Hendra mengatakan, jika meski sudah diumumkan di Instagram, namun masih ada warga Pekanbaru yang terlanjur datang mencetak KIA.

"Masih ada juga yang datang, tapi ya mau bagaimana lagi. Kan sedang rusak, jadi ya tak bisa," ujar Hendra.

Ia juga mengaku tidak tahu kapan layanan ini bisa diakses lagi. "Kalau itu nggak tahu juga, tapi yang pasti layanan tak bisa itu sejak Minggu lalu sekitar tanggal 7 September," pungkasnya.

Sebagai informasi, Disdukcapil Kota Pekanbaru Secara resmi melaunching layanan Cendekia pada 2021 lalu.

Aplikasi Cendekia hadir sebagai upaya dan implementasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru hadir sedekat mungkin dengan Masyarakat dalam rangka memenuhi hak warga negara salah satunya adalah optimalisasi pendataan serta perlindungan identitas diri terutama KIA.

Berita Lainnya

Index