Bahas Perubahan Iklim, Menteri LHK RI dan Norwegia Dialog Bersama Pemuda Indonesia

Kamis, 15 September 2022 - 12:54:59 WIB Cetak

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Republik Indonesia bersama Kementerian Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia menggelar Soft launching Green Leadership Indonesia (GLI) batch 2 di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022) kemarin. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Republik Indonesia, Prof. Siti Nurbaya dan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia, Espen Barth Eide berdialog.

Dua menteri dari dua negara berbeda ini berdialog bersama pemuda Indonesia. Dalam dialog yang berlangsung singkat tersebut membahas dampak perubahan iklim. 

Pada kesempatan itu, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa terdapat tiga tantangan yang akan dihadapi oleh generasi muda yaitu iklim, keanekaragaman dan polusi. 

"Saat ini Indonesia secara serius menurunkan emisi dan mengurangi 90 persen emisi rumah kaca," kata Siti.

Pemanasan global (global warming) menjadi pembahasan yang serius dalam pertemuan di Paris. Sementara pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali keanekaragaman hayati juga menjadi isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Kita membutuhkan generasi penerus dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan dan sumber daya Indonesia ke depan yang dibekali pengetahuan dan leadership," ujarnya

Sementara Ketua Institut Hijau Indonesia sekaligus Kepala Sekolah Green Leadership Indonesia Khalid pada pertemuan itu mengatakan wadah ini bertujuan untuk memfasilitasi tumbuhnya pemimpin dengan prespektif keadilan sosial dan ekologis.

Perlu diketahui, adapun peserta dialog merupakan pemuda yang terdaftar di Green Leadership Indonesia angkatan ke 2 dari berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu juga hadir para alumni dan berbagai mitra lingkungan hidup.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+