Babinsa Bersama Warga Buat Kebun Apotik Hidup Di Kampung Pancasila

Ahad, 25 September 2022 - 12:17:52 WIB Cetak

PEKANBARU, celotehriau.com-- Babinsa  Koramil 02 Kota Serda Sumarsono  terus gencar dalam mengkampanyekan kepada masyarakat di wilayah binaannya, tentang gerakan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk dijadikan apotik hidup ditanami dengan tanaman obat keluarga ( Toga).

Ahad (25/9/2022) bersama enam orang rekannya dari Koramil 02 Kota,  Serda Sumarsono melakukan pembuatan kebun apotik hidup "Kampung Pancasila" di jalan Hangtuah GG Darul Amal RT 01 RW 05 kelurahan Sumahilang   Kecamatan Pekanbaru Kota.

Kegiatan ini juga didampingi Ketua RT 01 , pengurus PKK RW 05  dan masyarakat setempat

Apotik hidup ini dibuat dilahan seluas 3x 8 meter. Tanaman tiga untuk bahan obat – obatan tradisional diantaranya seperti jahe, lengkuas, kencur, temu lawak, sambiroto, cempaka putih, kunyit  belimbing wulung, kumis kucing, kecibling, Alpukat, pacar cina, lidah buaya, alang-alang, ciplukan, brotowali, sirih dan lainnya.

Usai melakukan penanaman langsung dilakukan pembuatan pagar keliling apotik Hidup 

Serda Sumarsono menuturkan bahwa tanaman Toga berkhasiat untuk obat tradisional keluarga, dengan menjadikan pekarangan rumah ditanami Toga atau Apotik hidup bisa untuk membantu hidup sehat keluarga dan warga.

"Mari kita manfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman Toga atau apotik hidup, budidaya tanaman obat untuk keluarga dapat memacu usaha kecil dan menengah dibidang obat-obatan herbal kendatipun dilakukan secara individu. Sehingga bisa terwujud kemandirian, dalam pengobatan keluarga, "pungkasnya. ( IUD)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+