KEJURPROV SEPAKTAKRAW SENIOR 2022, Putra Siak dan Putri Bengkalis Berjaya

Senin, 26 September 2022 - 06:01:26 WIB Cetak

Para pemenang regu putra Kejurprov Sepaktakraw Riau 2022 foto bersama dengan pengurus PSTI Riau dan ofisial masing-masing usai penyerahan medali juara, di GOR Sepaktakraw Purna MTQ, Ahad (25/9/2022). (PSTI RIAU)

PEKANBARU  - Regu sepaktakraw putra Kabupaten Siak berhasil menjadi juara Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sepaktakraw Senior 2022 yang diselenggarakan PSTI Riau. Di final, Siak berhasil menghentikan perlawanan Kampar dua set langsung, 21-11 dan 21-17, di GOR Sepaktakraw Purna MTQ Pekanbaru, Ahad (25/9/2022).

Di bagian putri, Bengkalis yang empat kali tak terkalahkan, berhasil menjadi juara. Diikuti oleh Siak di posisi kedua, dan juara tiga bersama Kuansing dan Pekanbaru. Di bagian putri ini hanya diikuti lima regu sehingga pertandingan menggunakan sistem round robin (saling bertemu semuanya). 

Perjalanan regu putra Siak hingga menjadi juara cukup panjang. Mereka lolos dari Grup B sebagai juara grup setelah mengalahkan Inhil dan Kepulauan Meranti. Kemudian, di perempatfinal, Dion Pramudana dkk berhasil menyingkirkan perlawanan Kuansing 2-0, 22-20 dan 21-16. Padahal, Kuansing diperkuat pemain-pemain senior yang berpengalaman bermain di beberapa kali PON seperti Suripto, Pontas, maupun Hermanto.

Kemudian di semifinal, Siak yang diperkuat sebagian besar pemain-pemain dari klub IPPG Perawang, menyingkirkan salah satu tim kuat Dumai lewat tie-break dengan skor 2-1, yakni 17-21, 21-18, dan 21-11. Sementara Kampar yang dikapteni Syarif Hidayatullah, di semifinal juga mengalahkan tim kuat Rohul yang diperkuat pemain nasional Rizanov Kurniawan, dengan 2-0 langsung, 23-21 dan 21-13.

"Kami berusaha bekerja keras di setiap pertandingan. Sebenarnya tenaga kami terkuras, tetapi itu kami lawan dengan semangat," ujar Dion Pramudana, killer muda Siak yang juga masuk tim Riau di PON 2021 Papua lalu.

Menurut Dion, keberhasilannya bersama tekong Habibie Syahbani dkk dalam Kejurprov Riau 2022 ini berkat latihan intens dan mengikuti beberapa kejuaraan yang diadakan di berbagai daerah, termasuk beberapa turnamen di Sumatra Barat yang mereka ikuti. Terakhir, bersama klub IPPG Siak, mereka menjadi runner-up di Lipat Kain Open, Kampar.

Pembina PSTI Riau, Amri Yahya, saat menutup kejuaraan ini menjelaskan, kejuaraan-kejuaraan seperti ini penting diikuti para pemain untuk menambah jam terbang dan pengalaman.

"Sebagai pembina di PSTI Riau, saya berterima kasih kepada para pengurus karena menyelenggarakan kejuaraan seperti ini. Harus digelar secara berkala agar para pemain yang terus latihan bisa mendapatkan jam terbang untuk dan pengalaman," ujar mantan Ketua PSTI Riau ini.

Ketua panitia pelaksana, Anton Prawoto SSos mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk seluruh panitia, yang sudah bekerja keras menyukseskan kejuaraan ini. Ketua Pengcab PSTI Siak ini berharap para pemain terus latihan untuk meningkatkan kemampuan, baik yang berhasil menjadi juara maupun yang belum.

"Terima kasih kepada Pemprov Riau melalui Dispora Riau yang sudah mendukung kegiatan ini. Juga KONI Riau sebagai induk organisasi PSTI Riau. Semoga kejuaraan provinsi ini bisa menjadi ajang uji coba semua daerah menjelang Poprov Riau 2022 di Kuansing, November nanti," ujar lelaki yang juga menjabat Kabid Binpres PSTI Riau ini mengakhiri.(rls/IUD)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+