Kafilah Riau Targetkan Masuk 5 Besar MTQ Nasional di Kalsel

Selasa, 27 September 2022 - 23:16:32 WIB Cetak

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau manargetkan Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Riau bisa masuk lima besar pada MTQ XXIX Nasional di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar 9-10 Oktober 2022 mendatang.

 

Untuk mencapai target lima besar tersebut, para kafilah saat ini mulai di karantina untuk dilakukan Training Center (TC) di salah satu hotel di Kota Pekanbaru.

"MTQ Nasional di Kalsel, kami menargetkan Kafilah MTQ Riau bisa masuk lima besar nasional, kalau bisa lebih dari itu," kata Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, Selasa (27/9/2022).

Masrul mengatakan, para qori dan qoriah MTQ Riau yang akan dilakukan TC merupakan juara MTQ ke-XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) beberapa waktu lalu sebanyak 54 orang.

"Ada 54 qari dan qariah yang akan dikirim ke MTQ Nasional Kalsel, mereka merupakan para juara I MTQ Riau di Rohil. Jadi mereka yang dilakukan TC nanti sebelum berangkat ke Kalsel," terangnya.

Sementara itu, Plh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau, Sofwan Muhajir mengatakan, 54 orang qari dan qariah tersebut terbagi ke dalam beberapa cabang lomba yakni, tartil, tilawah, qiraat, tafsir, fahmil. Lalu, cabang perlombaan Hifzil Quran, Syahril, Khatil Quran, Karya Ilmiah Alquran (KTIQ).

"Mereka menjalani TC 23 September hingga akan berangkat 9 Oktober, para peserta kami karantina. Di sini peserta akan dapat pendampingan dari 5 orang pelatih tingkat nasional dan 15 orang pelatih dari daerah," katanya.

Sementara itu, peserta MTQ asal Riau, Bayu Wibisono mengatakan bahwa dirinya senang bisa tampil kembali di perhelatan nasional ini. Ia bersama kafilah lainnya siap untuk berjuang di MTQ Nasional demi mengharumkan nama Provinsi Riau.

"Kami tentunya minta doa dan dukungan dari semuanya agar jalan kami dipermudah untuk meraih prestasi. Insya Allah kami akan siap membanggakan daerah ini," ujarnya.

Di usia 19 tahun, Bayu telah memiliki banyak prestasi, yakni pernah meraih juara pertama Tahfiz 10 Juz pada MTQ Nasional 2020 di Padang. Lalu, juara kedua Tahfiz 20 juz STQ Nasional 2021 di Maluku Utara, juara pertama Tahfiz 10 juz MHQH ke-13 di Jakarta. Selain itu, ia pernah meraih juara pertama Tahfiz 20 juz pada MHQH ke 14 tahun 2022 di Jakarta.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+