Gerakkan Tanam Cabe dan Pasar Murah di Dumai, Sekda Kota Dumai Apresiasi Pemprov Riau

Gerakkan Tanam Cabe dan Pasar Murah di Dumai, Sekda  Kota Dumai Apresiasi Pemprov Riau

DUMAI, celotehriau.com -- Meningkatkan ekonomi masyarakat Dumai dan untuk menekan laju inflasi daerah akibat kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang telah mengadakan Launching Gerakkan Tanam Cabe dan Pasar Tani serta Pasar Murah di Halaman Kantor Di Kantor Dinas Perdagangan (Disdag) Dumai, Kamis (13/10/2022). 

"Oleh karena itu, saya menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat, untuk memanfaatkan perkarangan rumahnya dengan menanam Cabe, karena dengan menanam Cabe, dapat membantu dan menghemat ekonomi keluarga," himbaunya. 

Untuk itu,lanjutnya, Mari semuanya dimulai dari hal yang kecil-kecil, seperti menanam Cabe. " Dan saya juga menghimbau kepada masyarakat, mari manfaatkan Pasar Murah ini. Belanjalah sesuai kemampuan kita dan janganlah boros,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan Dan Hortikultura Pemprov Riau, Ir. Syahfalevi, MSi mengatakan tujuan Gerakkan Menanam Cabe  dan Menggelar Pasar Murah ini, jelas untuk membantu ekonomi masyarakat serta mengendalikan inflasi yang saat ini di Provinsi Riau sudah cukup tinggi. "Dumai, Pekanbaru dan Inhil menjadi perhatian kita saat ini, " jelasnya. 

Kenapa Cabe yang menjadi konsentrasi kita? Karena Cabe lebih kurang tiga bulan sudah panen. Ini tentu saja, jika ditanam di pekarangan rumah bisa menghemat ekonomi keluarga." Karena tak perlu lagi repot-repot beli Cabe di Pasar yang harganya sudah mahal. Cukup memetik Cebe di pekarangan rumah, ibu-ibu rumah tangga sudah menghemat pengeluarannya,"jelasnya lagi. 

Seusai memberikan sambutan, Sekda Dumai dan Kepala Dinas Pangan Pemrov Riau memberikan Bibit Cabe kepada perwakilan ASN dan kelompok Tani dan langsung menuju kepekarangan belakang Disdag menanam bibit Cabe bersama Kabiro Perekonomian Pemrov Riau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Dumai, Kadis Perdagangan Dumai, Hermanto, Kepala Bulog Dumai, Faisal Fahmi. 

Dari pantauan, Cabe Merah Kriting dijual Rp. 50.000/Kg, Telor Satu Papan Rp. 42.000, Bawang Merah Rp. 32.000/Kg, Bawang Putih Rp. 21.000/Kg, Minyak Goreng Merk Minyak Kita Rp. 12.500,Beras Merk  Eshaku dengan berat 10 Kg dijual Rp. 120.000.Dan masih banyak dijual dipasar murah tersebut, seperti bermacam-macam Ikan, Kepiting serta Udang.(rls/IUD)

Berita Lainnya

Index