Tekan Persoalan Sampah, Ini Inovasi DLHK

Tekan Persoalan Sampah, Ini Inovasi DLHK
Ilustrasi

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru terus menginovasi diri dalam menekan permasalahan sampah, hingga ke tingkat lingkungan rumah tangga masyarakat di Pekanbaru.

Salah satunya dengan menginisiasi program Bank Sampah, yang diketahui berdasarkan laporan dari DLHK, Pekanbaru sudah memiliki sebanyak 4 Bank Sampah Induk dan 61 Bank Sampah Unit.

"DLHK ingin kita semua peduli tentang masalah sampah di Kota Pekanbaru. Cukup dimulai dari lingkungan rumah tangga masing-masing, setidaknya itu dapat jadi stimulus meringankan tugas kita dalam menangani permasalahan sampah yang tak kunjung habis-habisnya di kota kita," kata Sekretaris DLHK Pekanbaru, Elmawati Sahar.

Elmawati menjelaskan, pihaknya di DLHK terus menggencarkan 'serangan fajar' dari program Bank sampah ini, yang mana program ini diyakini dapat merangsang kesadaran dan memunculkan semangat dari masyarakat untuk peduli dengan sampah.

"Jadi seperti yang saya bilang, mulai dari lingkungan rumah tangga, mari kita caretaker (ambil peduli,red) soal penanganan sampah. Ajak nasabah sebanyak-banyaknya untuk menabung di Bank Sampah, karena ini juga memiliki nilai ekonomis untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mendaur ulang," tambahnya. 

Berita Lainnya

Index