PAN Tegur Kader di Riau yang Dukung Anies Baswedan?

PAN Tegur Kader di Riau yang Dukung Anies Baswedan?

PEKANBARU - DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau sudah memanggil 7 orang kader di Riau yang mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan sebagai Capres, di agenda yang digelar Nasdem Riau pada Ahad lalu.

Sekretaris DPW PAN Riau, Sahidin seperti dilansir dari CAKAPLAH.com mengatakan, bahwa klarifikasi tersebut merupakan instruksi dari DPP PAN dan PAN Riau sebagai fasilitatornya.

"Kita sudah memanggil dan meminta klarifikasi dari kader yang mendukung salah seorang bakal calon presiden tersebut. Hasil klarifikasi kita kirimkan ke DPP," kata Sahidin, Kamis (8/12/2022).

Kata Sahidin, para kader yang mendukung Anies Baswedan tersebut menjawab mendukung Anies Baswedan adalah karena nama Anies masuk dalam beberapa calon tokoh nasional yang masuk dalam hasil Rakerwil PAN Riau dan Rakernas PAN di tingkat nasional.

"Namun memang, kita harus pahami, bahwa kita semua sudah sepakat bahwa Ketua Umum yang akan menentukan hasil akhirnya, kita tegak lurus pada hal itu," kata Sahidin.

Selain itu, yang menjadi persoalan, kata Sahidin, adalah karena tujuh orang kader yang mendukung Anies tersebut menyampaikan dukungannya di 'rumah' partai lain, yakni di acara Nasdem, dengan membawa nama jabatan di PAN.

"Memang katanya membawa nama pribadi, tapi di acara tersebut kan dibawa simbol partai mulai dari jas partai, kemudian membawanama jabatan di PAN dan itu dilakukan di rumah partai lain, harusnya itu tidak terjadi. Kecuali mereka datang tidak membawa simbol - simbil PAN, itu tidak masalah. Yang jelas sekarang kita sudah sampaikan hasil klarifikasinya ke DPP," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Bapilu DPW PAN Riau, yang juga merupakan pentolan dari kader yang mendukung Anies Baswedan tersebut, T Zulmizan membenarkan bahwa pihaknya telah dipanggil oleh DPW PAN.

"Iya, undangan klarifikasi oleh DPW PAN Riau. Dan kami telah memenuhi undangan tersebut dan memberikan klarifikasi serta penjelasan yang sejelas-jelasnya," tukasnya

Diberitakan CAKAPLAH.com sebelumnya, sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Deklarasi tersebut langsung disampaikan para pengurus PAN tersebut di depan Anies Baswedan saat Rapat Akbar Relawan bersama Anies Baswedan, di Jalan Gajah Mada, Ahad (4/12/2022).

Tak tanggung - tanggung, adapun kader PAN yang menamakan Simpul Relawan Anies Riau tersebut, dikomandoi oleh Ketua Bapilu PAN Riau, T Zulmizan.

"Kami datang kesini bukan membawa nama institusi, ini mewakili aspirasi pribadi kami sebagai kader," kata Zulmizan.

Ia mengatakan, bahwa para kader PAN tersebut sebelumnya sudah masuk dalam simpul - simpul relawan Anies Baswedan.

"Saya sendiri sudah terkoneksi dengan Amanat Indonesia, saya juga memegang mandat Jardik Riau, yang terdiri dari tenaga pendidikan," cakapnya.

Berita Lainnya

Index