Selesaikan Masjid Nurul Wathan Riau, PUPR Anggarkan Rp20 Miliar di APBD 2023

Selesaikan Masjid Nurul Wathan Riau, PUPR Anggarkan Rp20 Miliar di APBD 2023

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertahanan (PUPR-PKPP) Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar, untuk penyelesaian pembangunan Masjid Raya Nurul Wathan Provinsi Riau di APBD tahun 2023. 

Kepala Dinas (PUPR-PKPP) Riau, M Arief Setiawan melalui Kepala Bidang Cipta, Karya Thomas Larfo Dimiera mengatakan, anggaran Rp20 miliar tersebut dianggarkan untuk finishing masjid dan tower masjid. Kemudian juga untuk landscape dan pagar masjid.

"Di APBD murni 2023, kami anggarkan Rp20 miliar untuk finishing masjid, tower dan pagar Masjid Nurul Wathan Provinsi Riau," kata Thomas.

Lebih lanjut Thomas mengatakan, selain untuk finishing masjid dan beberapa kekurangan lainnya, dengan anggaran tersebut juga diperuntukkan untuk perbaikan beberapa bagian atap masjid yang bocor.

"Untuk atap Masjid Nurul Wathan Provinsi Riau yang bocor Insya Allah kita tangani juga tahun depan," sebutnya.

Sementara itu, terkait pembangunan menara masjid, akhirnya dinyatakan finishing dengan ketinggian 36 meter. Dimana sebelumnya tower masjid ini direncanakan dengan ketinggian 99 meter, melambangkan Asmaul Husna.

Namun karena adanya penurunan tiga milimeter, maka pembangunan menara pun tidak dilanjutkan karena resiko tinggi. 

"Memang sebelumnya ada investigasi, kajian juga sudah dilakukan. Tapi tidak ada pihak yang berani melanjutkan. Maka ketinggian menara pun tidak dilanjutkan," terang Thomas.

Menurutnya, alasan kontraktor tidak berani lagi melanjutkan pembangunan tower, karena tidak mau mengambil risiko. Adapun alasan lain yang jadi pertimbangan, soal waktu dan biaya.

"Sayang memang. Rencana ketinggian 99 meter itukan bermakna asmaul husna. Tapi tidak ada berani ngambil resiko karena sudah ada penurunan, belum lagi pertimbangan waktu biaya," sebutnya 

Meski untuk ketinggian sudah dinyatakan finishing 36 meter, tapi masih ada pekerjaan yang wajib dituntaskan. Seperti tangga di dalam menara, kemudian kubah. Untuk pekerjaannya sendiri dilaksanakan pada 2023. 

"Untuk arsitektur tidak ada tambahan. Tapi untuk tangga menuju ke atas, kubah ada memang. Itu dikerjakan pada 2023," tutupnya.

Berita Lainnya

Index