Hasil Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Skor 1-2

Senin, 02 Januari 2023 - 22:16:22 WIB Cetak

CELOTEHRIAU - Timnas Indonesia meraih kemenangan ketiganya di Grup A Piala AFF 2022. Indonesia menang 2-1 atas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/2023) WIB.

Gol pertama kemenangan Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan ketika laga memasuki menit ke-20. Gol kedua dicetak oleh Marselino Ferdinan di menit ke-43.

Filipina berhasil mencetak gol penghibur jelang akhir pertandingan. Sundulan Sebastian Rasmussen di menit ke-83 berhasil memperkecil ketertinggalan.

Kemenangan ini hanya membawa Indonesia finis sebagai runner-up Grup A dengan sepuluh poin. Meski poinnya sama dengan Thailand, Indonesia kalah selisih gol dari juara bertahan Piala AFF tersebut.

Babak Pertama

Indonesia dan Filipina sama-sama mencari pola permainan terbaik di awal laga. Keduanya kesulitan mengatur tempo permainan, sehingga masing-masing satu tembakan yang dilepaskan berkualitas rendah.

Namun, indonesia punya senjat rahasia untuk memecah kebuntuan saat laga memasuki menit ke-20. Lemparan ke dalam super panjang dari Pratama Arhan sukses disambut dengan sundulan dari Dendy Sulistyawan.

Indonesia lalu melakukan pergantian tidak lama setelahnya. Kiper utama Nadeo Argawinata mengalami cedera, sehingga digantikan oleh Syahrul Trisna.

Indonesia mulai menguasai jalannya pertandingan setelah gol pertama. Namun, dominasi tersebut tidak dibarengi dengan skema serangan yang matang.

Dendy juga punya dua kesempatan untuk mencetak gol tambahan. Tendangan placing pertamanya masih melebar tipis di samping kanan. Kemudian di menit ke-37, tendangan Dendy melambung tinggi ketika berhadapan dengan bebas dengan kiper lawan.

Indonesia sukses menggandakan keunggulan di menit ke-43. Kali ini giliran Marselino Ferdinan yang mencatatkan namanya di papan skor. Sebelumnya, ia melakukan kombinasi satu-dua dengan Saddil Ramdani, sebelum melepas tendangan ke pojok kiri bawah gawang Filipina.

Babak Kedua

Awal babak kedua tidak berjalan sesuai keinginan Indonesia. Tuan rumah mengambil alih permainan dengan beberapa kali menciptakan peluang, walaupun belum berbuah tembakan.

Setelah sepuluh menit, Indonesia mulai lepas dari dominasi Filipina. Dimotori Egy Maulana Vikri yang masuk menggantikan Witan, serangan Indonesia mulai hidup lagi.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Indonesia kerap terbuka. Filipina pun mendapatkan peluang emas di menit ke-78. Tendangan voli Kenshiro Daniels masih bisa diamankan oleh Syahrul.

Serangan tanpa henti Filipina akhirnya berbuah hasil di menit ke-83. Umpan silang dari Stephan Schrock berhasil disundul dengan sempurna oleh Sebastian Rasmussen untuk membobol gawang Indonesia.

Kedua tim lalu saling jual beli serangan di akhir babak kedua. Indonesia punya sejumlah peluang emas untuk menambah gol, tetapi tidak ada gol tambahan sampai akhir pertandingan.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+