Harga Pupuk makin mahal di Pasaran, ini solusi dari Binyapi Group

Harga Pupuk makin mahal di Pasaran, ini solusi dari Binyapi Group

Pekanbaru, celotehriau.com  — Direktur Operasional PT. Binyapi Indonesia Group Masyandri, S.P mengatakan saat ini para petani sawit di Riau sangat kebingungan dengan tingginya harga pupuk. Sementara itu, untuk tanaman sawit agar menghasilkan produksi berkualitas cukup bergantung dengan pupuk kimia.

“Di satu sisi petani sawit pusing untuk beli pupuk, di sisi lain mereka juga pusing mengatur keuangan keluarga. Sementara hasil produksi kebun terancam akan turun jika kebun tidak dipupuk,” tuturnya saat diwawancarai di kantornya di jalan suka karya Perum. Padi mas citra Blok B no. 5, Senin (9/1/2023).

“Sejauh ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan petani untuk menyiasatinya, yakni dengan beralih ke pupuk semi organik pupuk majemuk granule Nitromate yg kami sediakan" ujarnya.

Yandri menyebut, menggunakan pupuk semi organik ini bisa menjadi solusi jitu untuk petani sawit. Hal ini juga bisa menekan penggunaan pupuk kimia dan beralih ke pupuk semi organik hingga 100 persen.

Untuk harga pupuk yang tersedia di Pt. Binyapi Group jenis Nitromate misalnya, saat ini harganya jauh lebih murah di bandingkan harga pupuk kimia yang mahal dan langka di pasaran.

"Dengan demikian, para petani bisa menekan biaya pupuk yang tinggi, namun unsur hara yang dibutuhkan tanaman tetap bisa tercukupi. Cara ini, bisa mengurangi jumlah penggunaan pupuk kimia bahkan beralih penggunaannya" tambahnya. 

Cara ini diyakini lebih bagus ketimbang menggunakan pupuk kimia 100 persen. Lantaran, banyak zat-zat dalam pupuk semi organik yang bahkan manfaatnya lebih baik, terutama untuk membentuk kesuburan tanah di sekitar tanaman kelapa sawit.

Masyandri mengatakan bahwa hal ini justru akan meningkatkan produktivitas perkebunan sawit, dengan cara ini, tidak akan menurunkan produksinya, bahkan lebih bagus lagi. Karena pupuk Nitromate bisa mendinginkan tanah, sehingga penyerapan akar juga makin bagus.

"Selain itu, kita juga bersedia untuk mendampingi para petani sawit dalam penggunaan pupuk Nitromate ini jika diperlukan tanpa ada biaya pendamping lainnya" sebutnya

Berita Lainnya

Index