Bupati Alfedri Berharap PPNI Mampu Bersinergi dengan Pemkab Siak

Bupati Alfedri Berharap PPNI Mampu Bersinergi dengan Pemkab Siak

SIAK, celotehriau.com -- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pengurus Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Siak Periode 2022-2027 dilantik di Ruang Raja Indra Pahlawan Lantai II Kantor Bupati Siak), Senin (6/2/2023). 

Dalam pelantikan ini, sedikitnya ada 40  Pengurus PPNI Siak dengan Ketua Jika Irawan yang dilantik langsung oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Riau Ahmad Yusuf.

Menyaksikan pelantikan, Bupati Siak Alfedri mengucapkan selamat dan tahniah kepada ketua dan seluruh Pengurus DPD PPNI Kabupaten Siak periode 2022-2027 yang telah dilantik.

"Semoga bapak-ibu semua diberikan kesehatan, kemudahan dan kelapangan sehingga bisa menjalankan roda organisasi. Dan segala amanah yang tertuang dalam anggaran rumah tangga, serta program kerja disusun dengan baik sukses dan lancar" ucapnya.

Bupati Siak Alfedri menyebutkan, banyak hal yang diharapkan kepada PPNI dalam bermitra dan bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk melaksanakan urusan pelayanan kesehatan yang baik. 

Menurutnya, perawat merupakan tugas yang mulia, banyak yang harus dilakukan karena tuntutan alasan kemanusiaan. Tingkat kesalahan dalam bertugas ditekan sekecil mungkin, dalam mengobati masyarakat yang membutuhkan perawatan. 

"Aparatur pemerintah pasti mendukung program-program pemerintah pusat, daerah, dalam hal ini pemerintah kabupaten Siak bagaimana tentu kita melaksanakan urusan pelaksanaan kesehatan dengan baik. Kebijakan kita di Siak, sesuai visi misi dalam rangka mewujudkan pelayanan yakni dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Makanya kita melihat jumlah penduduk yang padat di kecamatan ataupun jauh dari puskesmas, kita bangun puskesmas baru" ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PPNI Provinsi Riau Ahmad Yusuf mengharapkan perawat agar tidak terlalu euforia, bangga dengan kuantitas yang ada di organisasinya. Tapi bagaimana kuantitas ini dapat diseimbangkan dengan kualitas sebagai seorang perawat, dalam memberikan layanan kesehatan dan perawatan kepada masyarakat.

"Kami berpesan kepada pengurus dan seluruh jajaran yang ada, agar DPD PPNI Kabupaten Siak untuk selalu bersinergi dengan pemerintah kabupaten. Dalam melaksanakan atau mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah" harapnya.

Karena sebagai tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan, lanjutnya, harus tau bahwa pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan. 

"Untuk itu kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh, baik dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tupoksi kita sebagai perawat dalam memberikan asuhan atau praktek keperawatan. Maupun pada saat kita melaksanakan tugas pelimpahan wewenang dari tenaga kesehatan lain" sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus PPNI Kabupaten Siak Jika Irawan menjelaskan, pemilihan pengurus DPD PPNI sangat selektif, mengingat tantangan organisasi perawat kedepan sangatlah berat. Selektif karena pengurus harus siap untuk berfikir, berinovasi, dan bergerak mengembangkan organisasi dan profesi menjadi lebih baik kedepan.

"Saya mengingatkan kepada segenap pengurus yang sudah dilantik untuk dapat menerapkan perilaku 4 K (Komitmen, Konsisten, Konsekuen dan Komunikasi Efektif). Semoga kepengurusan yang baru saja dilantik mampu menjawab tantangan, dan menjalankan amanah dengan program-program unggulan yang nantinya akan dituangkan" pungkasnya.

Kegiatan Pelantikan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Serta diisi dengan seminar keperawatan berteakan "Peran PPNI dalam Peningkatan Kesejahteraan Perawat" oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Riau dan Plt Kadiskes Kabupaten Siak. (***/rls/IUD)

Berita Lainnya

Index