Dihadiri 10 Ketua PWI Provinsi, Zulmansyah Sekedang Deklarasi Calon Ketum PWI Pusat

Dihadiri 10 Ketua PWI Provinsi, Zulmansyah Sekedang Deklarasi Calon Ketum PWI Pusat

MEDAN, celotehriau.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau H. Zulmansyah Sekedang mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028. Zulmansyah menyampaikan visinya menjadikan  PWI HEBAT. 

Pendeklarasian itu dilakukan di tempat kuliner durian favorit Si Bolang Durian, Medan, Sumut, Rabu (8/2/2023) malam dihadiri lebih 200 wartawan. Hadir sejumlah Ketua PWI Provinsi antara lain Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim, Ketua PWI Jambi H Ridwan Agus Depati, Ketua PWI Maluku Utara Asri Fabanyo.

Ketua PWI Banten Rian Nopandra, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Sulawesi Tenggara Sarjono,  Ketua PWI Jatim Lutfi Hakim, dan Ketua PWI Surakarta Anas Syahrul. 

Hadir juga Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Barat dan Sekretaris PWI Jabar Tantan, Ketua Bidang Organisasi PWI DKI Jakarta Irmantono dan Bendahara PWI DKI Jakarta Abdul Kadir.

Sejumlah pengurus PWI Pusat juga hadir. Diantaranya Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Gani Otto, Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Oktaf Riyadi, Mantan Direktur UKW PWI Rajab Ritonga dan Direktur SJI PWI Pusat Ahmed Kurnia dan Direktur Seni Budaya Ramon Damora. Mantan Sekjend PWI Pusat Wina Armada juga hadir.

Dalam sambutannya, Zulmansyah Sekedang menyampaikan visi menjadikan PWI HEBAT. HEBAT bukan sekedar bermakna menjadi lebih baik, teapi juga merupakan akronim. H adalah Harmonis. ''PWI harus menjadi wadah berhimpun dan mempersatukan wartawan secara erat dan harmonis,'' ujarnya.

Sedangkan E adalah Ekonomi keluarga wartawan dibantu. ''Kita sadar dan tahu tidak semua keluarga wartawan beruntung. Karena itu sebagian wartawan yang kurang beruntung secara ekonomi perlu dibantu PWI,'' katanya. 

Sementara B adalah bargaining power. PWI harus mempunyai daya tawar terhadap stake holder dan mitra. Sedangkan A adalah Amanah. ''Semua pengurus PWI harus amanah, terutama dalam menjalankan PD/PRT, menegakkan kode etik,'' tegasnya. 

Terakhir, T adalah Tempat happy-happy, tempat bergembira, tempat silaturahmi, tempat edukasi, tempat wartawan berkreasi dan berinovasi. ''Mari kita jadikan PWI sebagai organisasi tempat kita bersilaturrahmi dan bergembira-ria,'' katanya. 

Menurut Zulmansyah, dirinya adalah orang ketiga orang yang mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Ketua Umum PWI Pusat. Sebelumnya sudah mendeklarasi diri mantan Sekjend PWI Hendry Ch. Bangun dan Ketua PWI Sulut Foucke Lontaan.

Deklarasi ini dikemas secara sederhana dengan menikmati makan durian Musang King. Tidak ada sambutan lain selain deklarasi dari Zulmansyah. ''Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan diri maju sebagai calon Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028,'' ujarnya yang disambut riuh tepuk tangan ratusan wartawan yang hadir. 

Acara deklarasi Zulmansyah menjadi istimewa karena bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan HUT ke-77 PWI yang jatuh 9 Februari 2023 besok. Deklarasi terlambat sedikit karena pada waktu bersamaan Presiden Jokowi  dan keluarga serta sejumlah menteri KIB juga makan durian di tempat yang sama.

Besok pagi, Presiden Jokowi menghadiri Puncak Peringatan HPN 2023 dan HUT ke-77 PWI di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut.(rls/IUD)

Berita Lainnya

Index