Arsenal Dihajar Man City, Tergusur dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Arsenal Dihajar Man City, Tergusur dari Puncak Klasemen Liga Inggris
Pemain Arsenal saat melindungi bola dari pemain Manchester City (REUTERS/MOLLY DARLINGTON)

 


 

LONDON - Arsenal harus mengakui ketangguhan Manchester City dalam duel tunda pekan ke-12 Premier League 2022-2023, Kamis (16/2/2023). Skuad Mikel Arteta keok dengan skor 1-3 di hadapan pendukung sendiri.

Dimainkan di Emirates Stadium, laga ini adalah laga krusial dengan pertaruhan puncak klasemen sementara. Pertandingan pun berlangsung seru dan cukup seimbang, sesuai prediksi.

Kali ini pengalaman dan mentalitas Man City jadi penentu. Tiga gol Man City datang dari aksi Kevin De Bruyne (24'), Jack Grealish (72'), dan Erling Haaland (82'). Arsenal sempat memperkecil kedudukan melalui penalti Bukayo Saka (42').

Hasil ini membuat Arsenal kehilangan takhta di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023. Man City kembali ke puncak klasemen. Torehan poin kedua tim sama, tapi beda di selisih gol.

Babak pertama

Pertandingan dimulai langsung dengan tempo tinggi. Arsenal tidak bisa membawa bola dalam waktu lama karena garis tekanan tinggi yang dipasang Man City.

15 menit berjalan, terlihat bahwa Man City masih lebih nyaman bermain di lapangan. Arsenal beberapa kali membuat kesalahan umpan. Bola dicuri Man City yang lantas dilanjutkan dengan serangan cepat.

Menit ke-24, serangan Man City akhirnya berbuah gol. Tomiyasu membuat blunder dengan backpass yang terlalu lemah. Bola pun berhasil dicuri De Bruyne yan dilanjutkan dengan sepakan melengkung ke gawang kosong. Gol! Arsenal 0-1 Man City.

Arsenal mulai menemukan kepercayaan dirinya setelah 30 menit berjalan. Permainan The Gunners mulai menunjukkan ritme. Giliran Man City yang harus bertahan di lapangan.

Menit ke-39, Arsenal mendapatkan hadiah penalti untuk pelanggaran pemain bertahan City. Saka maju algojo dan mengirim bola keras ke sudut kanan bawah. Gol! Arsenal 1-1 Man City.

Man City mendapatkan peluang terakhir di menit ke-45+6, sundulan Rodri dibelokkan Ake dan membentur tiang gawang. Tidak ada gol. Skor 1-1 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Babak kedua

Pertandingan dilanjutkan kembali. 10 menit babak kedua berjalan dan kedua tim tampak kesulitan menemukan ritme terbaiknya. Arsenal terlihat mulai lebih percaya diri.

Menit ke-57, wasit memberikan hadiah penalti untuk Man City usai pelanggaran Gabriel terhadap Haaland. Namun, VAR mengecek insiden tersebut dan terbukti bahwa Haaland bergerak dari posisi offside. Hadiah penalti dibatalkan.

Permainan semakin terbuka setelah 60 menit berlalu. Arsenal beberapa kali mendapatkan kesempatan menyerang, Man City pun terus menemukan celah dalam pertahanan The Gunners.

Menit ke-72, Man City kembali unggul. Gabriel membuat kesalahan umpan. Bola berhasil dicuri De Bruyne, dilanjutkan Haaland. Gundogan lantas mengirim umpan mendatar untuk Grealish yang tidak terkawal di sisi kiri. Gol! Arsenal 1-2 Man City.

Arsenal mencoba bangkit setelah kebobolan kedua kalinya, tapi Man City semakin jauh. Menit ke-82, lagi-lagi skema serangan balik cepat, Kevin De Bruyne di sisi kanan mengirim umpan tarik untuk diteruskan Haaland. Gol! Arsenal 1-3 Man City.

The Gunners terus mencari gol balasan di 10 menit akhir, tapi pertahanan Man City masih bermain sangat rapi. Tambahan waktu 5 menit pun tidak cukup untuk membuat perubahan. Skor 3-1 untuk kemenangan Man City.

Susunan pemain

ARSENAL XI (4-3-3): Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu (82' Fabio Vieira), William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Jorginho, Granit Xhaka (82' Eddie Nketiah); Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli (76' Leandro Trossard).

Pelatih: Mikel Arteta

MANCHESTER CITY XI (3-2-4-1): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodrigo, Bernardo Silva; Riyad Mahrez (61' Manuel Akanji), Kevin De Bruyne (88' Kalvin Phillips), Ilkay Gundogan, Jack Grealish (77' Phil Foden); Erling Haaland.

Pelatih: Josep Guardiola

Berita Lainnya

Index