MU Lolos dari Lubang Jarum, Juventus dan AS Roma Selamatkan Wajah Italia

MU Lolos dari Lubang Jarum, Juventus dan AS Roma Selamatkan Wajah Italia
Liga Europa - Ilustrasi Logo Musim 2022-2023 (Bola.com/Adrenus Titus)

CELOTEHRIAU - Daftar lengkap tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa musim 2022-2023. Play-off babak gugur memainkan leg kedua pada Jumat (24/2/2023) ini. Ada 16 tim yang bertaruh nasib, ada tujuh tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar.

Persaingan Liga Europa memang sedikit berbeda dari Liga Champions. Berawal dari 32 tim di fase grup, hanya para juara grup yang berhak lolos langsung ke babak 16 besar.

Nah, tim-tim yang finis sebagai runner-up harus terlebih dahulu menempuh babak play-off sebelum 16 besar. Babak ini akan mempertemukan tim-tim peringkat tiga UCL melawan runner-up grup UEL dalam duel dua leg untuk berebut satu tiket ke 16 besar.

Sesuai prediksi, duel antara eks UCL dan runner-up UEL kali ini menyajikan banyak laga-laga seru. Delapan laga di leg pertama menghasilkan total 20 gol. Leg kedua pun diprediksi bakal lebih sengit.

Sejauh ini sudah tujuh pertandingan leg kedua beres dimainkan. Dimulai dengan Juventus yang menang meyakinkan atas Nantes (3-0), AS Roma juga berhasil melewati adangan Salzburg (2-0), dan terkini duel level Liga Champions antara Manchester United versus Barcelona yang dimenangi Setan Merah.

Kini sudah ada tujuh tim yang berhasil menggenggam tiket lolos ke babak 16 besar Liga Europa musim ini. Sebab duel antara Rennes kontra Shakhtar Donetsk masih berlangsung dan berlanjut di babak adu penalti saat berita ini ditayangkan.

MU Depak Barcelona

Manchester United (MU) sukses menaklukkan Barcelona dalam leg kedua play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 dengan skor 2-1 di Stadion Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB.

Hasil ini membawa tim Setan Merah sukses menggenggam tiket babak 16 besar Liga Europa 2022/2023. MU patut berterima kasih kepada Antony yang menjadi penentua kemenangan setelah gol yang ia cetak.

Kemenangan yang diraih MU dengan tidak mudah. Mereka mencatat comeback untuk bisa menaklukkan Barcelona. Sebab wakil Spanyol berhasil unggul terlebih dahulu melalui Robert Lewandowski di babak pertama.

Namun pasukan Erik ten Hag mampu mengejar ketertingalan bahkan berbalik unggul pada 45 menit kedua melalui gol Fred dan Antony. Hasil ini membuat MU lolos dengan agregat kemenangan 4-3 atas Barcelona.

Duo Italia Lolos

Italia berhasil mengirimkan dua wakilnya yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2022/2023. Juventus dan AS Roma menyelamatkan wajah Italia setelah sukses melaju.

Juventus menghajar Nantes 3-0 pada leg kedua dan secara agregat menang 4-1. Sementara AS Roma ikut lolos usai mengalahkan Salzburg 2-0 pada leg kedua di kandang sendiri. Roma menang agregat 2-1 atas Salzburg.

Hasil mengejutkan adalah tersingkirnya AS Monaco yang kalah dalam adu penalti dari Bayer Leverkusen . Jagoan Belanda, Ajax Amsterdam juga terhenti langkahnya di tangan Union Berlin.

Hasil Lengkap Liga Europa

  • Midtjylland 0-4 Sporting CP (Agregat 1-5)
  • AS Monaco 2-3 Bayer Leverkusen (Agregat 5-5/Adu Penalti 3-5)
  • Nantes 0-3 Juventus (Agregat 1-4)
  • PSV Eindhoven 2-0 Sevila (Agregat 2-3)
  • MU 2-1 Barcelona (Agregat 4-3)
  • Rennes 2-0 Shakhtar Donetsk (Agregat 3-3*)
  • AS Roma 2-0 Salzburg (Agregat 2-1)
  • Union Berlin 3-2 Ajax (Agregat 3-1)

Berita Lainnya

Index