Ini Upaya Pemprov Turunkan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Riau

Ini Upaya Pemprov Turunkan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Riau

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan beberapa upaya dalam rangka percepatan pencapaian target prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution mengatakan, bahwa upaya yang dilakukan antara lain, bantuan keuangan khusus kepada kabupaten/kota untuk pengadaan alat Antropometri terstandar pada tahun 2022 sebanyak 1.927 set.

Kemudian penyusunan Policy Brief untuk bahan advokasi kebijakan kepada pengambil kebijakan dan stakeholder pembangunan lainnya.

Bantuan keuangan khusus kepada desa dalam rangka operasional Posyandu, advokasi, dan penggalangan komitmen non pemerintah dalam Percepatan Penurunan Stunting (PPS) sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSL-BU).

Kemudian melakukan asistensi pelaksanaan aksi konvergensi PPS ditingkat kabupaten/kota dan penilaian kinerja PPS tahun 2023, Pengarusutamaan PPS dalam perencanaan dan penganggaran melalui Desk Tematik Stunting dalam penyusunan dokumen perencanaan.

"Kita juga melakukan Gebyar Audit Kasus Stunting secara serentak di 12 Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau pada tanggal 22 Februari 2023," katanya.

"Kemudian Sharing Session tentang stunting bersama organisasi pemuda, CSO, Mahasiswa dan Akademisi, penguatan kapasitas dalam pendampingan untuk Perubahan Perilaku dan aksi konvergensi dengan Tanoko Foundation," tambahnya.

Selanjutnya melakukan intervensi prioritas melalui pemanfaatan data yang terintegrasi meliputi data kemiskinan ekstrem, data keluarga beresiko stunting, data lokus stunting, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan data indeks desa membangun.

Wagubri juga mengatakan, bahwa Pemprov Riau saat ini telah memiliki data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) by name by address yang diberikan oleh Kemenko PMK RI.

"Dalam rangka percepatan target penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2024 sebesar 0 persen, pemerintah provinsi Riau juga berkolaborasi dengan Forum TJSL-BU dan beberapa Filantropi di Riau antara lain Baznaz, forum zakat serta lembaga/yayasan lainnya," tukasnya.

Berita Lainnya

Index