Berkat Berobat Gratis Cukup Mengunakan KTP, Pemda Pelalawan Dapat Penghargaan

Berkat Berobat Gratis Cukup Mengunakan KTP, Pemda Pelalawan Dapat Penghargaan

PELALAWAN- Pemerintah daerah kabupaten Pelalawan dibawah kepemimpinan bupati H Zukri dan wakil bupati H Nasarudin, SH, MH  menggelontorkan program dibidang kesehatan. Program tersebut adalah masyarakat berobat gratis cukup menggunakan KTP Kabupaten Pelalawan.

Seiring waktu berjalan ternyata program ini membuahkan hasil. Hasil yang dirasakan tentu bagi masyarakat kabupaten Pelalawan sendiri yakni mendapatkan pengobatan gratis diberbagai fasilitas pelayanan kesehatan cukup kantongi KTP Pelalawan. Buah hasil yang tertinggi adalah Pemda Pelalawan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Penghargaan dari pemerintah pusat tersebut berupa, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS RI. Penghargaan UHC diberikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian kepada Pemda Pelalawan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan,  Selasa (14/3 2023). Selain itu, penghargaan UHC itu juga diberikan kepada Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kabupaten Kuansing, dan Kota Dumai. 

Penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah di Indonesia yang capaian jaminan kesehatannya menyeluruh bagi masyarakat di wilayah pemerintah daerah setempat.

Proses pemberian penghargaan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia, kemudian Laporan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Sambutan Menko PMK, Pemutaran Video Universal Health Coverage, Pemberian penghargaan kepada Gubernur, Sambutan Wakil Presiden Republik Indonesia, hingga pemberian kepada Bupati/Walikota yang terpilih.

Jaminan Kesehatan Semesta Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Pada kesempatan itu, Bupati Pelalawan H. Zukri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan, dengan jumlah penduduk kurang lebih 422 907,00 jiwa, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan. Salah satunya diwujudkan dengan menyediakan pembiayan untuk tercapai jumlah kepesertaan menuju Universal Health Coverage (UHC).

“Hasil ini tentu berkat dukungan semua pihak yang terkait dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Pelalawan.  Sebanyak 97.7 Persen Masyarakat Pelalawan telah mengantongi Jaminan Kesehatan,” ungkap H Zukri. 

Ditambahkan H Zukri, Ia berharap dengan tercapainya UHC di Kabupaten Pelalawan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini.

 “Terutama meningkatkan akses pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Pelalawan. Semoga UHC di Pelalawan terus dapat dipertahankan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang bermutu,” tandasnya H Zukri.***

Berita Lainnya

Index