Ini Rekor yang Dipatahkan Valentino Rossi di MotoGP

Ini Rekor yang Dipatahkan Valentino Rossi di MotoGP

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) ? Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mematahkan rekor 42 tahun di level elite kejuaraan dunia balap motor usai meraih podium kedua MotoGP Argentina, akhir pekan lalu.


Di MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (31/3), Rossi finis di urutan kedua di belakang Marc Marquez. Hasil itu jadi podium pertama Rossi setelah 10 balapan usai MotoGP Jerman 2018.

Prestasi itu sekaligus menjadi perayaan 23 tahun debut Rossi pada ajang grand prix saat tampil di kelas 125cc di Grand Prix Malaysia 1996 dan finis di urutan keenam. Podium di MotoGP Argentina menjadi yang ke-233 di sepanjang karier Rossi dan yang ke-197 di level tertinggi.

Dikutip dari Motorsport, Rossi menjadi pebalap pertama sejak Jack Findlay pada 1977 yang mampu meraih podium kelas primer grand prix di usia 40 atau lebih.

Saat meraih podium kedua di MotoGP Argentina 2019, Rossi berusia 40 tahun 1 bulan atau lebih muda dibanding Jack Findlay yang berusia 42 tahun 3 bulan ketika meraih podium GP Austria pada 1977.

Akan tetapi, Findlay lebih beruntung ketimbang Rossi. Ketika podium di Grand Prix Austria pada Mei 1977, Findlay keluar sebagai pemenang, sedangkan rossi harus puas finis di urutan kedua.

Selain Rossi dan Findlay, pebalap lain yang sukses mencapai podium balap motor di usia 40 tahun atau lebih adalah Marcelino Lucchi. Namun, Lucchi tidak seperti Rossi dan Findlay yang meraihnya di kelas primer.

Marcelino Lucchi podium di Grand Prix Republik Ceko pada 1998 di kelas 250 cc. Ketika itu Lucchi meraih podium ketiga di belakang Tetsuya Harada dan Loris Capirossi.

Podium kedua di MotoGP Argentina membuat Rossi mengoleksi 31 poin dari total dua balapan di MotoGP 2019. Pebalap berjuluk The Doctor itu berada di bawah Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di klasemen sementara MotoGP 2019.

Berita Lainnya

Index