Dari Gemar Siak Berzakat ke-10 dan Pedistribusian Zakat Tahap I

Bupati Alfedri : Sekarang Mustahik Tahun Depan Harus Jadi Muzakki!

Bupati Alfedri : Sekarang Mustahik Tahun Depan Harus Jadi Muzakki!
Bupati Siak Drs Alfedri MSi langsung turun menjadi amil zakat dalam Gemar berzakat ke10 dan pedistribusian zakat tahap I (ISTIMEWA)

TUALANG, celotehriau.com --Bupati Kabupaten Siak Drs H Alfedri MSi  berharap para mustahik atau penerima zakat tahun 2023 ini, tahun depan meningkat menjadi seorang muzakki. Hal itu ditegaskannya saat menghadiri  Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat ke- 10 tahun 2023 dan Pendistribusian Zakat Tahap I yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Siak di Masjid Nurul Hidayah kelurahan Perawang kecamatan Tualang, Senin (3/4/2023).

Bupati Siak Alfedri  yang langsung turut serta  menjadi amil zakat berpesan agar mustahik  atau penerima zakat agar dapat manfaatkan sebaik mungkin dana bantuan, terutama digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

"Saya berharap kepada para mustahik penerima zakat, agar bisa memanfaatkan dana zakat sebaik mungkin. Untuk mustahik penerima zakat  berupa uang, jangan dibelanjakan untuk membeli hal yang tidak bermanfaat. Belanjalah  untuk kebutuhan berbuka dan sahur, lebih bermanfaat,"pesan Alfedri.

Bupati Alfedri juga mengajak para mustahik, agar terus mendoakan para muzakki yang telah mengeluarkan zakatnya, diberikan kesehatan, dimurahkan rizki dan keberkahan pada hartanya. "Semoga para mustahik yang menerima zakat hari ini, kedepannya bisa menjadi muzakki. Jangan berkeinginan terus menjadi mustahik, berdoa dan berusahalah semoga kedepannya bisa menjadi pemberi zakat ( muzakki),"harap Alfedri.

Dalampada itu, Ketua Baznas Kabupaten Siak Samparis melaporkan untuk pengumpulan zakat di Kecamatan Tualang tahun 2022 jumlah  totalnya mencapai Rp172 Juta. Dan selama tahun 2023 pengumpulan zakat dari masyarakat kecamatan tualang Rp224 juta sementara zakat yang disalurkan oleh Baznas di kecamatan tualang selama satu tahun kemarin sebesar satu  miliar rupiah lebih.

"Artinya ketika bapak ibu menyalurkan zakatnya melalui Baznas, sudah pasti zakat tersebut akan dikembalikan ke kecamatannya. Harapan kami mudah-mudahan di tahun ini masyarakat Tualang mau bergabung kepada baznas, mengikuti sunah rasul membayar zakat itu melalui amil,” ucap Samparis.

Untuk diketahui di  Kecamatan Tualang, Baznas Kabupaten Siak menyalurkan Zakat Tahap I tahun 2023 untuk 100 orang mustahik, dan setiap orang mendapatkan uang tunai Rp300 ribu dan sembako senilai Rp200 ribu.

Setelah menyerahkan secara simbolis pendistribusian zakat tahap I tahun 2023 pola konsumtif kepada perwakilan mustahik. Pada Gemar Siak Berzakat dan Pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2023 di Kecamatan Tualang, Bupati Alfedri  memberikan penghargaan Baznas Award kepada UPZ terbaik se Kecamatan Tualang.(inf)

Berita Lainnya

Index