Sempat Dibuka, U-Turn Dibawah Flyover Simpang Mal SKA Ditutup Kembali, Ini Alasanya

Sempat Dibuka, U-Turn Dibawah Flyover Simpang Mal SKA Ditutup Kembali, Ini Alasanya
(ist)

PEKANBARU, CELOTEHRIAU.COM - Setelah sempat dibuka beberapa waktu lalu. Saat ini u-turn yang ada dibawah jembatan layang atau Flyover Simpang Mal SKA Pekanbaru kembali ditutup. Penutupan u-turn tersebut disebut sebagai salah satu upaya rekayasa lalulintas yang ada disekitar persimpangan Jalan Tuanku Tambusai dan Soekarno-Hatta tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Tuafiq OH, Jumat (12/4/2019) mengatakan, setelah dilakukan kajian rekayasa lalulintas dipersimpangan jalan tersebut beberapa waktu lalu. Untuk pembukaan u-turn dibawah jembatan layang tersebut dilakukan secara situasional melihat kepadatan arus lalulintas yang ada.

"Jadi sebenarnya, kan boleh-boleh saja dibuka atau ditutup, karena ketentuannya kan bisa melihat situasi yang ada. Jadi u-turn itu bukan tidak difungsikan sama sekali," katanya.

Menurut Taufiq, u-turn tersebut akan berfungsi pada saat-saat tertentu seperti saat arus lalulintas padat disekitar lokasi. Karena menurutnya, filosofi u-turn adalah bentuk tundaan. Karena disekitar u turn pastinya pengendara akan menurunkan kecepatan untuk berbalik arah.

"Kawan-kawan Dinas perhubungan kota Pekanbaru melihat untuk saat ini u-turn tersebut pada situasi tertentu lebih baik ditutup. Tapi pada saat tertentu memungkinkan juga untuk dibuka," ujarnya.

Dijelaskan Taufiq, disetiap jembatan layang dibawahnya harus ada u-turn. Karena tujuannya untuk pemecah arus jika terjadi kepadatan arus lalulintas. Jadi jika arus lalulintas padat, ada tempat untuk beralih kejalur lain yang lebih lancar.

"Kalau saya sebagai ahli traffic, saya mencegah untuk adanya u-turn. Tapi harus disiapkan untuk antisipasi terhadap kondisi terburuk, jadi harus ada tempat untuk melepas arus lalulintas," katanya. (Cl4)

Berita Lainnya

Index